Hai, Takaiters!

Pada Sabtu, 6 Juli 2019 kemarin, Komite Warisan Dunia UNESCO PBB menggelar sidang ke-43 di Pusat  Kongres Baku, Azerbaijan. Kongres tersebut menetapkan 7 destinasi wisata di dunia sebagai warisan dunia. Dalam penetapan ini, Indonesia menjadi salahsatunya, lo. Yakni ditetapkannya pertambangan batubara era kolonial Ombilin di Sawahlunto.

Pertambangan Batubara Sawahlunto

Foto: katadata.co.id

Situs batubara tertua di Asia Tenggara ini terpilih karena dinilai unggul dalam dua kategori Nilai Universal Luar Biasa (Outstanding Universal Value). Pertama, warisan dunia ini menunjukkan adanya pertukaran informasi dan teknologi lokal dengan teknologi Eropa terkait dengan eksploitasi batubara di masa akhir abad ke 19 sampai dengan masa awal abad ke 20 di dunia. Kedua, tentang contoh luar biasa dan tipe bangunan, karya arsitektur dan kombinasi teknologi atau lanskap yang menggambarkan tahapan penting dalam sejarah manusia.

Namun, tak hanya Sawahlunto saja yang mendapatkan predikat ini, ada 6 warisan dunia lain yang masuk dalam daftar warisan dunia. Simak ulasannya berikut ini, yuk!

Dilmun Burial Mounds – Bahrain

Foto: tripadvisor.com.my

Situs ini merupakan kompleks pemakaman purba di Bahrain. Pemakaman berupa gundukan pasir ini diperkirakan dibangun pada 2050-1750 sebelum masehi. Tempat ini menjadi saksi sejarah peradaban awal bangsa Dilmun.

Budj Bim Cultural Landscape – Australia

Foto: corporate.visitvictoria.com

Kawasan ini diliputi oleh rawa, bebatuan raksasa, hingga danau. Tempat ini menjadi bukti bagaimana suku Aborigin membangun peradaban dan memberi pelajaran bagaimana mereka menjaga alam. Kawasan ini terletak di kawasan pemukiman suku Aborigin, bagian barat daya Australia.

 Archaelogical Ruins of Liangzhu City – China

Foto: youlinmagazine.com

Situs arkeologi ini terletak di sungai Yangtze, diperkirakan sudah ada sejak 3.300 sebelum masehi. Petani adalah profesi tua yang harus dilestarikan di tempat ini sehingga tempat ini terbagi menjadi empat  bagian, berdasarkan karakteristik warganya yang mayoritas petani.

Jaipur – India

Foto: theculturetrip.com

Kota Jaipur mempunyai julukan “Kota Merah Muda” karena tata kotanya yang lurus dan bangunan-bangunan kuno yang diwarnai merah muda. Kota bertembok yang dikelilingi oleh perbukitan di tiap sisi ini didirikan pada tahun 1727 oleh Maharaja Sawai Jai Singh.

Mozu Furuichi Kofun Group – Jepang

Foto: nippon.com

Tempat ini merupakan makam kaum elit Jepang pada era Kofun. Memiliki bentuk yang beragam, mulai dari yang menyerupai lubang kunci, kotak, hingga bulat. Lokasinya yang terisolasi juga menjadi keistimewaan tersendiri bagi areal pemakaman ini.

Megalithic Jar Sites in Xiengkhouang – Laos

Foto: en.wikipedia.org

Tempat ini menyimpan botol-botol era megalitik yang terletak di sebuah dataran tinggi Laos. Diperkirakan botol-botol tersebut adalah bukti dari peninggalan zaman besi.

Itulah 7 situs warisan dunia terbaru yang ditetapkan UNESCOyang harus kamu tahu, Takaiters. Semoga bermanfaat.