Halo, Takaiters!

Apa yang ada di benakmu saat mendengar tentang Tegal? Warteg? Ya, warteg memang cukup populer di berbagai kota di Indonesia, ya? Tapi tahukah kamu bahwa Tegal juga mempunyai makanan-makanan khas yang mungkin jarang kamu temui di warteg? Nah, jika suatu saat mengunjungi Tegal, pastikan kamu coba kuliner berikut, ya.

1. Nasi Ponggol

Foto: masakandapurku.com

Nasi ponggol biasanya dijadikan menu sarapan masyarakat Tegal. Kalau kamu berjalan-jalan di pagi hari, kamu akan menemui beberapa penjual nasi ponggol ini di tepi jalan. Nasi ponggol adalah nasi dengan lauk sambal goreng tempe, oseng dan kadang ditambahkan juga dengan mi goreng.

Ciri khas nasi ponggol ini adalah kemasannya yang dibungkus dengan daun pisang atau ada pula yang menggunakan daun jati sebagai pembungkus luarnya. Walaupun porsinya tidak terlalu banyak, tetapi nasi ini cukup untuk mengganjal perut di pagi hari sebelum beraktivitas.

2. Nasi Lengko

Foto: inibaru.id

Nasi lengko adalah nasi dengan lauk tempe atau tahu yang dipotong-potong beserta sayuran seperti kol, taoge, atau mentimun dan disiram dengan bumbu kacang yang khas. Nasi lengko ini juga biasanya disajikan dengan kerupuk merah sebagai pelengkapnya. Selain memberi sensasi kriuk, kerupuk ini juga akan membuat nasi lengko menjadi lebih gurih dan sedap.

3. Rujak Teplak

Foto: jatenglive.com

Rujak merupakan makanan yang mungkin sering kita jumpai di berbagai kota khususnya di wilayah pulau Jawa. Akan tetapi tahukah kamu bahwa rujak teplak ini mempunyai ciri khas tersendiri dibandingkan rujak lainnya? Memang seperti pada umumnya, rujak teplak ini berbahan dasar sayuran seperti kangkung, daun singkong, taoge, pare, dan sebagainya, namun yang membuat berbeda adalah sambalnya. Sambal rujak teplak biasanya disebut sambal gaul, terbuat dari singkong yang sudah direbus dan ditumbuk halus lalu diulek bersama sambal. Cita rasa sambal yang pedas asin dan sedikit manis ini menjadi perpaduan yang pas untuk memanjakan lidah penikmatnya.

4. Soto Tauco

Foto: jateng.tribunnews.com

Soto merupakan makanan khas Indonesia yang sering kita jumpai di berbagai daerah dan masing-masing memiliki keunikan tersendiri. Begitu juga dengan soto dari Tegal. Keistimewaannnya adalah pada bumbu tauco yang ditambahkan pada makanan berkuah ini. Sensasi asam pada tauco membuat soto ini menjadi semakin segar.

Biasanya soto ini berisi sayuran seperti taoge dan daun bawang, dipadukan dengan protein berupa daging ayam suwir atau babat sapi. Kamu bisa menikmati soto tauco ini dengan nasi atau lontong sesuai selera.

5. Glotak

Foto: cookpad.com

Glotak adalah makanan khas Tegal yang terbuat dari gembus yang dihaluskan lalu ditumis dengan aneka bumbu dan irisan cabai hijau serta tulang ayam atau tulang sapi sebagai pelengkap dan penambah citarasanya.

Konon nama “glotak” berasal dari suara glotak-glotak yang ditimbulkan saat tulang-tulang itu diaduk bersama bumbu-bumbu. Kamu bisa menikmati glotak ini dengan kerupuk atau dengan nasi hangat sebagai lauk.

6. Tahu Aci

Foto: cookpad.com

Inilah gorengan legendaris masyarakat Tegal, yaitu tahu kotak yang dipotong secara diagonal sehingga membentuk segitiga dan dibubuhi adonan aci atau tepung tapioka di atasnya lalu digoreng. Tahu aci ini sangat nikmat dimakan saat masih panas sambil menggigit cabai rawit atau dalam bahasa Tegal disebut “nyigit”. Irisan daun kucai dalam adonan aci menambah rasa gurih kuliner yang satu ini.

7. Olos

Foto: cookpad.com

Selain tahu aci, olos juga merupakan salah satu gorengan khas masyarakat Tegal. Makanan berbentuk bulat-bulat ini terbuat dari aci atau tepung tapioka yang dicampur dengan tepung terigu yang bercitarasa asin dan gurih. Di dalamnya terdapat isian berupa tumisan kol dan cabai rawit yang dirajang tipis-tipis. Olos ini cocok sekali buat kamu pecinta makanan pedas.

Nah, itulah beberapa makanan khas Tegal yang harus kamu coba saat mengunjungi kota atau kabupaten Tegal. Kira-kira mana, nih, yang bakal jadi favorit kamu? Yang pasti, jangan sampai ada yang dilewatkan, ya.