Halo, Takaiters!

Setelah satu bulan menjalankan ibadah puasa, akhirnya umat muslim merayakan hari kemenangan . Perayaan hari Lebaran tentunya semakin istimewa dengan adanya hidangan khusus yang mungkin saja hanya disajikan setahun sekali.

Indonesia sebagai negara yang mayoritas penduduknya merayakan hari Lebaran memiliki kuliner khas yang sudah tidak asing lagi yaitu Ketupat. Ketupat biasanya akan disajikan bersama opor ayam sebagai pelengkapnya.

Nah, Takaiters, kalau di Indonesia sajian ketupat merupakan kuliner khas yang selalu disajikan saat hari Lebaran, di beberapa negara lain ada juga makanan khas yang jadi hidangan utama pada hari Lebaran, yaitu:

1. Nasi Biryani di Asia Selatan

Foto: cookpad.com

Nasi Biryani adalah nasi yang diberi pewarna alami berwarna kuning yang diolah dengan dicampur daging, sayur, dan rempah. Sajian nasi Biryani juga biasa dilengkapi dengan acar dan salad. Bagi masyarakat di Asia Selatan hidangan nasi Biryani menjadi sajian utama di saat Lebaran.

2. Sup Mi La Mian dari Tiongkok

Foto: muslimah.co.id

Negeri Tiongkok memang terkenal dengan kulinernya yang berupa mi. Demikian pula makanan khas Lebarannya tetap memakai bahan mi yaitu Sup Mi La Mian.

Mi La Mian ini dibuat dari tepung terigu dengan cara ditarik-tarik sehingga menghasilkan mi dengan ukuran yang panjang. Sup Mi La Mian merupakan olahan mi yang dicampur dengan daging, sayur, dan diberi bumbu wijen.

Pilihan Editor


3. Hyderabad Haleem dari India

Foto; youtube.com

Ini adalah makanan khas Lebaran dari India, yaitu berupa bubur gandum yang diolah dengan daging sapi atau kambing dan rempah-rempah seperti kunyit, jahe, kapulaga, kayu manis, jinten, cengkeh, dan lada hitam. Biasanya kuliner ini akan disajikan dengan telur rebus, perasan air jeruk lemon, dan taburan bawang goreng.

4. Chotpoti Curry dari Bangladesh

Foto: soniajahid.blogspot.com

Chopoti Curry adalah masakan santan berkari yang pedas dengan campuran kacang polong, telur, dan kentang. Masakan ini tidak menggunakan daging sama sekali sehingga memiliki kalori yang rendah.

5. Kebab dari Timur Tengah

Foto: medium.com

Kuliner yang satu ini banyak juga ditemukan di Indonesia. Namun di Timur Tengah, Kebab menjadi makanan spesial yang disajikan saat perayaan Lebaran. Kebab bisa diolah seperti burger atau di buat seperti sate.

6. Sheer Kurma di Pakistan

Foto: youtube.com

Pakistan sebagai negara penghasil kurma menjadikan kurma sebagai salah satu sajian istimewa di hari Lebaran. Sheer Kurma adalah kuliner semacam puding yang menggunakan kurma dicampur dengan susu dan mi vermicelli.

7. Tabbouleh di Libanon

Foto: pinterest.com.au

Tabbouleh adalah sajian khas Lebaran di Libanon yang berupa salad yang terdiri dari potongan parsley, daun mint, bawang bombay, saus lemon, minyak zaitun, dan bulgur. Bulgur adalah sejenis sereal yang berasal dari durrum wheat yang biasa digunakan pada masakan Timur Tengah dan Yunani. Tabbouleh ini biasa disantap dengan hummus, pita bread, dan beberapa makanan khas Timur Tengah lainnya.

Takaiters, demikianlah aneka kuliner khas Lebaran yang unik dan lezat dari berbagai belahan dunia tersebut. Bagaimana, Guys? Kamu tertarik untuk mencoba salah satunya?