Hallo, Takaiters!

Nasi merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia dan beberapa negara di Asia lainnya. Setiap negara-negara di Asia  mempunyai makanan pokok dari olahan nasi yang terkenal lezat dan enak. Seiring perkembangan zaman dan teknologi, menu nasi juga semakin kaya variasi, rasa dan penyajiannya. Yuk, Guys, kita lihat menu nasi yang terkenal dari 7 negara di Asia ini.

1. Nasi Kuning (Indonesia)

Foto: cookpad.com

Nasi kuning adalah makanan khas Indonesia yang terbuat dari beras yang dimasak dengan kunyit, santan, dan rempah-rempah sehingga rasanya menjadi gurih. Nasi kuning biasanya disajikan dengan lauk-pauk Indonesia, seperti ayam goreng, sambal teri kacang, empal gepuk, balado udang, urap, dan sambal kentang goreng. Nasi kuning sering digunakan sebagai tumpeng dan disajikan pada peristiwa syukuran.

2. Bibimbap (Korea)

Foto: taste.com.au

Bibimbap adalah hidangan berupa semangkuk nasi putih hangat yang dilengkapi dengan tumis sayuran berbumbu, pasta cabai, kecap, telur mentah atau goreng, dan irisan daging sapi. Bibimbap ini disajikan di dalam piring atau mangkuk panas yang campurannya diaduk bersama sebelum dimakan.

3. Takikomi Gohan (Jepang)

Foto: justonecookbook.com

Takikomi gohan merupakan hidangan nasi Jepang yang dibumbui dengan dashi (kaldu) dan saus kedelai, kemudian dicampur jamur, sayuran, daging atau ikan. Takikomi gohan ini terdiri dari berbagai macam, tergantung kepada bahan yang dicampurkan ke dalam nasi, seperti tai-meshi  (ikan laut utuh), matsutake gohan (jamur matsutake),  ayu meshi (ubi utuh) dan kani-meshi (kepiting).

4. Biryani (Arab)

Foto: wakafridi.com

Biryani merupakan hidangan nasi yang dibuat dengan rempah-rempah India, nasi, daging (ayam, kambing atau sapi), udang atau ikan, dan telur. Menu hidangan nasi ini wajib dihidangkan ketika diadakan acara resmi seperti pernikahan.

5. Sinangag (Filipina)

Foto: kawalingpinoy.com

Sinangag merupakan nasi goreng Filipina yang dimasak dengan tumisan bawang putih, campuran bumbu, lada, garam, sayuran, dan daging. Sinangag biasanya disajikan dengan hidangan daging yang kering. Hidangan ini merupakan hidangan sarapan sehari-hari di Filipina.

6. Xoi Ngu Sac (Vietnam)

Foto: toinayangi.vn

Xoi Ngu Sac merupakan hidangan nasi dari Vietnam yang mempunyai warna-warni yang menarik loh, Guys. Warna-warni pada hidangan xoi ngu sac biasanya terdiri dari warna putih, ungu, kuning dan merah. Warna-warna menarik pada hidangan nasi itu berasal dari bahan-bahan alami seperti daun pandan, umbi-umbian, kacang hijau, dan daun-daun pohon hutan.

7. Nasi Kandar (Malaysia)

Foto: wanista.com

Nasi kandar merupakan nasi kukus dengan bumbu campuran saus kari yang dituang di atas nasi. Nasi kandar dilengkapi dengan beragam lauk-pauk seperti ayam goreng, limpa daging, udang, daging sapi atau cumi-cumi goreng. Selain itu nasi kandar juga dilengkapi dengan sayuran seperti terong dan labu pahit.

Gimana, Guys, ternyata banyak ya, variasi hidangan nasi yang berasal dari negara-negara di Asia. So, menurut kamu Guys, hidangan nasi mana yang paling lezat?