Zaman sekarang, berlibur agaknya sudah jadi kebutuhan penting dan menyenangkan bagi sebagian besar umat manusia di dunia ya, terutama bagi mereka yang setiap hari dibanjiri aktivitas padat.  Selain sebagai ajang refreshing, berlibur juga menjadi cara untuk merekatkan hubungan antar keluarga, sahabat, juga teman. Meskipun begitu, kamu jangan lupakan hal-hal di bawah ini usai pulang berlibur.

Membersihkan rumah

Kamu Lakukan Setelah Pulang Berlibur
Foto : kaboompics.com

Setelah ditinggal pergi berlibur, keadaan rumah tentu tidak sama. Ada debu yang melekat di lantai, meja, serta tempat-tempat lain. Agar tidak menumpuk dan bikin kamu sakit, baiknya segera dibersihkan. Rumah yang bersih dan rapi akan membuat mood-mu lebih baik. Jangan lupa, baju-baju yang kotor ikut dicuci ya….

PILIHAN EDITOR

Menghitung keuangan

Foto : pexels.com

Sepulangnya dari liburan, coba diingat-ingat berapa banyak uang yang dikeluarkan untuk membayar tiket pesawat, menyewa tempat, dan tiket masuk wahana tertentu. Jumlah dan hitung seluruh pengeluaran kemudian buatlah rencana keuangan untuk bulan berikutnya. Menghitung keuangan usai liburan sangat penting agar kamu mampu memperkirakan pengeluaran berikutnya agar lebih hemat dan tabunganmu tidak cepat habis.

Hubungilah teman atau tetanggamu

Foto : pexels.com

Kamu wajib menghubungi teman atau main-main ke rumah tetanggamu usai berlibur. Barangkali saat sedang berlibur bersama keluarga dan rumah tidak ada siapa pun, mereka mencarimu. Tanyalah pada mereka bagaimana kabarnya atau sekadar menyapa. Syukur kalau ada buah tangan yang dibeli lebih, maka tidak ada salahnya berbagi dengan mereka sebagai bentuk ucapan terima kasih karena telah menjaga keamanan rumahmu selama ditinggal pergi.

Memeriksa chat dan email

Foto : pexels.com

Ada banyak orang yang memilih untuk tidak mengaktifkan internet atau men–sinkronisasikan email dengan internet secara langsung dengan tujuan supaya liburan tetap asik tanpa gangguan. Namun, bagi kamu yang sudah bekerja di sebuah perusahaan atau pun freelancer, sangat wajib untuk memeriksa seluruh media sosial, terutama email. Hal ini dilakukan agar tidak ada satu pun sesuatu yang penting terlewatkan begitu saja meski kamu berlibur sekali pun. Sayang banget kan kalau email–nya berisi pengumuman penting!

Cek kesehatan

Foto : pexels.com

Cek kesehatan berupa cek gula, kolesterol, dan asam urat sangat penting buat kamu yang sudah menikmati banyak hidangan kuliner ketika berlibur. Sebab, bila gula darah dan kolestrol tinggi maka kamu harus lebih waspada terhadap setiap makanan yang akan disantap nanti. Begitulah liburan, harus membuat kesehatan jasmani dan rohanimu membaik, bukan sebaliknya.

Perlu diketahui, cek kesehatan tidaklah mahal bahkan tidak harus selalu dilakukan di rumah sakit. Kamu bisa pergi ke tempat praktik dokter umum dan cek kesehatan di sana. Biaya yang harus dikeluarkan juga tidak terlalu mahal. Berkisar antara 30 ribu hingga 60 ribu saja.

Amankan Foto dan video

Foto : pexels.com

Nah, ini juga sangat penting. Tiada liburan tanpa foto. Setiap momen saat liburan mesti diabadikan, bukankah begitu? Tapi kalau sudah di rumah, kamu wajib memindah foto-foto liburan tersebut ke dalam komputer/hardisk eksternal/flashdisk atau tempat penyimpanan yang menurutmu aman agar dapat dicadangkan bila terjadi sesuatu pada smartphone atau kameramu. Tujuan yang lain adalah smartphone atau kamera itu dapat digunakan untuk meng-capture momen lain di luar waktu liburanmu sehingga memori tidak penuh.

Merawat diri sendiri

Foto : pexels.com

Tidak harus pergi ke salon, klinik kecantikan, atau spa untuk merawat dan memperbaiki tampilan fisik pada diri sendiri. Namun bagi kamu yang memiliki budget lebih bisa melakukannya. Perawatan usai berlibur sangat wajib buat kamu untuk mengembalikan kondisi tampilan fisik seperti sedia kala.

Meski tidak instan, namun kamu perlu mencobanya. Beberapa dari mereka yang berlibur ke tempat panas atau dingin memiliki masalah dengan kulit seperti alergi dan sejenisnya. Dalam tahap ini kamu bisa merawatnya menggunakan serangkaian cara tradisional.