Masjid Al aqsa
Foto: id.wikipedia.org

Inilah 7+ Fakta Masjid Al Aqsa, Mulai dari Kiblat Pertama Umat Islam hingga Pijakan Nabi Muhammad saw dalam Perjalanan Isra Mi’raj

Hola, Takaiters!

Sudah sejak lama masjid Al Aqsa menjadi sorotan dunia. Terutama sejak militer Israel menutup masjid ini untuk pertama kalinya dalam setengah abad silam. Israel geram karena dua anggota polisinya tewas oleh serangan tiga orang bersenjata yang terjadi di lingkungan Al Aqsa pada Juli 2017 lalu.

Menurut Abdurrahman Hilmi ‘Ayisy, masjid Al Aqsa masih tertutup hingga saat ini, Guys. Militer Israel melarang warga Palestina mengunjunginya kecuali bagi para lansia di atas usia 60 tahun. Itu pun tidak leluasa, lho. Militer Israel akan sangat tertutup terutama bagi para pemuda Gaza serta anak-anak. Menurut hafidz muda yang sedang safari ke Indonesia ini, militer Israel sangat takut pada pemuda Palestina, sehingga larangan ini pun dibuat sedemikian rupa untuk mempersulit mereka semua.

Bagi umat Islam, masjid Al Aqsa adalah masjid yang sangat bersejarah, Guys. Karena itulah, tak heran jika semua umat Islam mati-matian membelanya. Bukan hanya warga Palestina, tetapi juga kita semua yang ada di sini ikut memperjuangkan dengan cara kita sendiri. Dan inilah beberapa fakta masjid Al Aqsa yang harus kamu ketahui.

Masjid Al Aqsa adalah masjid kedua yang dibangun di muka bumi setelah masjid Al Haram, Makkah

Sudah kita tahu bersama jika masjid Al Haram adalah salah satu masjid tertua di dunia yang masih megah berdiri hingga sekarang. Masjid Al Haram menjadi tempat suci pertama bagi Umat Islam. Tidak jauh berbeda dengan Al Haram, masjid Al Aqsa yang terletak di Yerusalem ini pun dibangun dengan rentang waktu 40 tahun setelah dibangunnya Al Haram, Guys.

Masjid Al Aqsa pertama kali dibangun oleh Nabi Ya’kub AS. Majid ini pun direnovasi oleh Nabi Daud AS kemudian disempurnakan oleh nabi Sulaiman AS. Menurut beberapa sumber, masjid Al Aqsa dibangun pada 2500 tahun sebelum masehi.

Dalam kompleks masjid Al Aqsa, tidak hanya ada satu masjid saja, Guys

Tahukah kamu jika kompleks masjid Al Aqsa tidak hanya  berdiri satu masjid saja? Dalam kompleks ini terdapat beberapa bangunan masjid termasuk masjid Al Qibly atau Jami’ Al Aqsa yang terdapat pada bagian selatan dengan ciri khasnya berupa kubah berwarna biru keabu-abuan. Bangunan ini memang sering disalahartikan sebagai masjid Al Aqsa, Guys. Padahal masjid Al Aqsa merujuk pada seluruh kompleks yang di dalamnya terdapat beberapa bangunan penting baik bagi umat Islam serta Yahudi yang berupa tembok ratapan.

Masjid Al Aqsa pernah menjadi kiblat pertama umat Islam

Pada zaman Rasulullah saw, masjid Al Aqsa pernah menjadi kiblat pertama umat Islam sebelum akhirnya turun wahyu untuk memindahkan kiblat ke Kakbah yang berdiri di masjid Al Haram di Makkah. Masjid Al Aqsa juga menjadi salah satu tempat Rasulullah saw melakukan perjalanan Isra Mi’raj, lho. Karena itulah masjid Al Aqsa sangat penting bagi kita, Guys karena menyimpan banyak sekali sejarah bagi umat Islam

Masjid Al Aqsa pernah menjadi tempat Imam Al Ghazali menulis kitab paling legendaris dalam literatur Islam

Kitab Ihyaa’ Ulumuddin adalah salah satu kitab karangan Imam Al Ghazali yang merupakan kitab paling terkenal dalam literatur Islam. Kitab ini rupanya pernah ditulis di masjid Al Aqsa, lho. Imam Al Ghazali menjadi salah satu ulama yang dihormati karena karena kemampuannya yang sangat luar biasa dalam mendalami Alquran serta hadist Rasulullah saw. Di kompleks masjid Al Aqsa terdapat sebuah bangunan yang yang memiliki sebuah kamar yang disebut merupakan kamar lama dari Imam Al Ghazali.

Pernah merekam jejak suram pembantaian umat Islam yang sangat mengerikan

Sejarah merekam kekejaman tantara Salib yang membantai hampir 70.000 umat Islam yang pada waktu itu berada di dalam masjid Al Aqsa. Tidak hanya itu, mereka juga mengubah kubah menjadi kapel dan menjadikan masjid Al Aqsa sebagai istana. Umat Islam yang selamat dari pembantaian itu akhirnya disalib di dekat pusat masjid. Mengerikan sekali, Guys.

Di dalam masjid Al Aqsa terdapat tempat berpijaknya Rasulullah saw menuju langit dalam perjalanan Isra Mi’raj

Bukan hanya menjadi tempat suci ketiga bagi Umat Islam, masjid Al Aqsa juga menjadi salah satu tempat berpijaknya Nabi Muhammad saw dalam perjalanan Isra Mi’raj, lho. Di dalam kompleks masjid Al Aqsa terdapat bangunan dengan kubah emas yang disebut Dome of The Rock. Dome of The Rock ini diyakini sebagai tempat berpijaknya Nabi Muhammad saw menuju langit menggunakan Buraq. Tentu saja ini menjadi salah satu alasan kenapa kita patut merebut kembali Al Aqsa dari penjajahan Israel, Guys.

Masjid Al Aqsa menjadi tempat di mana Rasulullah saw menjadi imam salat bagi 125 Nabi dan Rasul Allah

Rasulullah saw menyebut tanah Palestina sebagai tanah para Nabi. Di tempat suci ini pula Rasulullah saw pernah mengimami 125 Nabi dan tidak ada satu pun Nabi yang tidak salat bersama beliau pada waktu itu.

Ini menjadi pertanda bahwa Rasulullah saw adalah Nabi terakhir bagi umat manusia di muka bumi, Guys. Subhanallah!

Masjid Al Aqsa menyimpan banyak sejarah, termasuk sebuah mimbar legendaris yang dibuat tanpa paku serta lem

Namanya Nooruddin Zanky yang merupakan salah satu pahlawan Islam yang memiliki mimbar legendaris itu, Guys. Mimbar miliknya sungguh sangat indah dan dibuat tanpa bantuan paku serta lem. Amazing banget, ‘kan?

Mimbar ini direbut kembali dari tentara Salib ketika Yerusalem dibebaskan untuk kedua kalinya dalam sejarah Islam. Sayangnya, Nooruddin Zanky tidak sempat menyaksikan itu karena telah wafat. Mimbar ini pun dipasang kembali dan menjadi salah satu karya legendaris, Guys.

Rasulullah saw sangat menganjurkan umat Islam untuk berziarah ke masjid Al Aqsa

Bukan hanya mengunjungi Makkah dan Madinah, Rasulullah saw juga sangat menganjurkan kita untuk berziarah ke tanah para Nabi ini, Guys. Salat di masjid Al Aqsa punya keutamaan tersendiri dibanding salat di masjid lainnya. Kamu pasti juga ingin berkunjung ke sini, ‘kan?

Itulah beberapa fakta masjid Al Aqsa yang harus kamu tahu sebagai umat Islam. Tempat ini menjadi salah satu kota suci bagi kita dan menyimpan banyak sekali sejarah. Semoga kita semua termasuk dalam barisan orang-orang yang rela berkorban demi merebut kembali masjid ini.

“Biruuh Biddam Nafdika ya Aqsa! Kami rela mengorbankan jiwa dengan darah, kami korbankan untukmu wahai, Aqsa!”