Halo, Takaiters!

Salah satu panca indera yang Tuhan anugerahkan untuk kita adalah mata. Dengan mata kita bisa melihat keindahan dunia dan orang-orang yang kita sayangi. Untuk itu, penting bagi kita menjaga kesehatan mata, karena di zaman modern sekarang ini banyak hal yang tanpa kita sadari dapat merusak kesehatan mata diusia yang cukup dini. Mulai dari hal yang paling sederhana, yaitu menatap layar handphone terlalu lama hingga pemakaian lensa kontak yang salah.

Berikut 6 tips sederhana yang dapat kamu lakukan dalam kehidupan sehari-hari untuk menjaga kesehatan mata.

1. Konsumsi Makanan yang Dapat Mendukung Fungsi Mata Secara Maksimal

Foto: pexels.com

Takaiters, sejak kecil kita diajarkan orang tua untuk makan sayur dan buah. Dua makanan real food yang disediakan oleh alam jauh lebih baik daripada makanan fast food dan olahan yang menjadi idola generasi milenial. Salah satu real food yang wajib masuk ke list yang kamu konsumsi adalah wortel.

Buah berwarna oranye tersebut kaya akan beta karoten yang membantu menjaga kesehatan mata. Kamu bisa memakannya dalam bentuk jus, direbus, atau makan mentah. Selain wortel, paprika hijau, brokoli, bayam, dan stroberi juga mengandung antioksidan yang dapat mengurangi resiko terkena macular degeneration, sebuah gangguan pada retina.

2. Batasi Penggunaan Lensa kontak dan pastikan tangan steril saat memasangnya

Foto: liputan6.com

Takaiters, mungkin lensa kontak menjadi salah satu alternatif bagi yang memiliki mata minus. Selain menunjang penampilan, menggunakan lensa kontak juga tidak perlu ribet dengan kacamata. Namun, jika tidak digunakan dengan benar, lensa kontak bisa melukai mata. Ada banyak anjuran yang beredar batas maksimal penggunaan dalam sehari, maksimal 10 sampai 12 jam, hingga maksimal 19 jam. Yang pasti ketika mata sudah merasa tidak nyaman, kering dan merah, ada baiknya segera lepaskan lensa kontak.

Biarkan mata beristirahat dari benda asing. Jangan malas melepaskannya apalagi sampai membawanya tidur. Selain itu, yang perlu diperhatikan adalah cuci tangan sebelum menggunakan untuk memastikan tangan kamu steril saat memasang lensa kontak.

3. Stop Menggosok atau Mengucek-ngucek Mata dengan Kasar

Foto: health.grid.id

Ada kalanya mata terasa gatal atau kemasukkan benda asing, seperti debu atau kotoran. Lalu, tanpa disadari kamu menggosok atau mengucek-ngucek mata dengan kasar dan berlebihan dengan harapan memberi rasa nyaman pada mata. Padahal, bakteri pada tangan bisa menimbulkan infeksi. Daripada mengucek mata, lebih baik gunakan tetes mata, tisu atau handuk basah dan hangat.

4. Batasi Penggunaan Handphone, Komputer, atau Menonton televisi

Foto: pexels.com

Segala sesuatu yang berlebihan pasti tidak baik, termasuk menggunakan handphone, komputer atau laptop, serta menonton televisi terlalu lama. Kegiatan tersebut merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari.

Coba ingat kembali, berapa lama waktu yang dihabiskan bersama benda elektronik tersebut? Jika hal tersebut merupakan bagian dari pekerjaan, ada baiknya untuk memberikan jeda atau waktu istirahat untuk mata. Selain membuat mata lelah dan tegang, hal ini dapat memicu terjadinya mata minus.

5. Gunakan Kacamata Hitam Ketika Beraktivitas di Bawah Sengatan Matahari

Foto: pexels.com

Takaiters, tidak hanya kulit yang wajib mendapatkan perlindungan saat berada disengatan matahari, mata juga perlu, lo. Inilah fungsi kacamata hitam sebagai pelindung untuk melawan paparan sinar matahari agar tidak langsung kontak dengan mata.

Perlu diketahui, dalam jangka panjang radiasi berlebihan dari sinar matahari dapat berisiko mengakibatkan katarak, penebalan jaringan di lapisan luar mata (pinguecula), serta masalah mata lainnya. Jadi, jangan malas menggunakan kacamata hitam saat di luar rumah.

6. Agendakan untuk Periksa Mata secara Teratur

Foto: ksh.co.id

Jangan menunggu sakit untuk ke dokter, kalimat ini layak kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Tidak ada salahnya melakukan pemeriksaan mata secara teratur tanpa perlu menunggu ada keluhan atau gangguan terlebih dulu. Melakukan pemeriksaan mata secara berkala setiap 12 bulan hingga 18 bulan. Bahkan, ketika sudah memasuki usia 40 tahun ke atas, pemeriksaan tertentu wajib dilakukan.

Meskipun seiring bertambahnya usia organ tubuh termasuk mata mengalami kemunduran fungsi, ada baiknya kita tetap menjaganya agar semakin lama kita merasakan manfaatnya. Semoga 6 tips di atas dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Semoga bermanfaat, Takaiters!