Hai, Takaiters!

Teknologi semakin canggih dan kehidupan semakin modern. Kehidupan kita pun terpengaruh dengan kemajuan teknologi saat ini. Setiap kegiatan yang kita lakukan tidak lepas dari teknologi yang modern, begitu juga dengan pola makan kita sehari-hari. Sadar atau tidak pola makan kita saat ini tersaji dengan lebih cepat karena pengaruh teknologi. Banyak restoran cepat saji yang menyediakan menu yang memanjakan lidah, padahal kita tahu semua itu tidak baik untuk kesehatan.

Nah, untuk menghindari pola hidup tidak sehat, berikut tips mengkombinasi makanan sehat untuk pola hidup yang lebih baik.

1. Awali Pagi dengan Minum Air Jeruk Hangat

Foto: grid.id

Pagi hari saat bangun tidur, dalam keadaan mulut masih kering minumlah campuran jeruk nipis atau lemon dengan air hangat. Ambil setengah jeruk nipis ukuran besar, buang bijinya kemudian peras, ambil airnya. Campur dengan sedikit air hangat dan minum selagi hangat. Fungsi dari air jeruk hangat adalah untuk membasakan lambung. Ini juga bisa dijadikan terapi untuk penderita mag.

2. Sarapan Sehat dengan Buah-buahan

Foto: unsplash.com

Lima belas menit setelah minum jeruk nipis hangat makan buah-buahan minimal 3 macam buah dengan warna yang berbeda. Semua buah bisa dikonsumsi kecuali buah durian dan nangka, karena 2 buah tersebut mengandung gas, tidak baik dikonsumsi saat perut dalam keadaan kosong. Pada langkah ini boleh makan buah beberapa kali sampai pukul 12 siang.

3. Makan Siang Sehat

Foto: lifestyle.kompas.com

Saat makan siang konsumsilah nasi dengan sayur-sayuran mentah dan matang serta makanan yang mengandung protein nabati. Saat mengkonsumsi nasi hindari lauk yang mengandung protein hewani karena karbohidrat tidak baik untuk tubuh saat dikonsumsi bersamaan dengan protein hewani. Pilihlah nasi yang mengandung kalori rendah, seperti beras merah, beras hitam, ataupun kentang.

4. Makan Malam Sehat

Foto: hellosehat.com

Apabila ingin konsumsi protein hewani saat makan malam campurlah dengan sayur-sayuran. Campur sayur mentah dan matang seperti makan siang tadi. Makanlah minimal 30 menit sebelum tidur, karena protein hewani proses pencernaannya memerlukan waktu minimal 30 menit. Tidak diperkenankan langsung tidur setelah makan.

5. Jus Sayuran sebelum Tidur

Foto: lifeberrys.com

Buatlah jus sayur yang dikonsumsi sebelum tidur. Pilih sayuran segar, campur beberapa sayuran apabila susah untuk meminumnya. Misalnya campur seledri dengan wortel, pare dengan tomat atapun pare dengan wortel.

6. Hindari Makanan Pabrikan

Foto: kalimantan.bisnis.com

Hindari mengonsumsi makanan yang sudah melalui pengolahan, seperti terigu dan turunannya, kopi, teh, gula, biskuit, cokelat, dan lain sebagainya. Istilah nya back to nature. Makanlah umbi-umbian yang direbus atau dikukus sebagai makanan selingan saat perut terasa lapar.

Takaiters, yuk, kita mulai pola hidup sehat sebagai wujud kasih sayang terhadap tubuh kita. Dengan tubuh sehat maka pola pikir dan jiwa pun akan sehat.  Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.