Hai, Takaiters!

Bekerja di depan komputer sebenarnya sangat melelahkan. Biasanya yang terasa adalah pusing, pegal di sekitar pundak dan leher, serta mata yang pedas dan berair. Kalau kamu sudah merasakan hal tersebut, lakukan hal berikut, ya, Guys.

1. Berdiri dan Berjalan Sebentar

Foto: unsplash.com

Duduk dengan posisi yang sama secara terus menerus akan membuat otot kamu tegang, apalagi jika mengerjakan pekerjaan yang membutuhkan pemikiran mendalam. Energi yang diperlukan untuk berpikir jauh lebih banyak dari energi yang dipergunakan untuk  melakukan aktivita fisik.

Saat kamu sudah capek bekerja di depan komputer, selingi dengan berdiri dan berjalan meski hanya pergi ke toilet. Akan lebih baik jika kamu berjalan keluar ruangan untuk menghirup udara segar. Mungkin ada berkas yang harus diantar ke ruangan atau gedung sebelah, manfaatkan untuk sekadar meluruskan punggung dan kaki. Manfaatnya pasti luar biasa, selain badan kembali rilek, otak juga akan kembali segar dan berpikir lebih baik.

2. Lakukan Olahraga Ringan

Foto: unsplash.com

Olahraga tidak selalu identik dengan berkeringat berlebihan, ya, Guys. Ada baiknya kamu berolah raga ringan di tempat dudukmu saat badan mulai merasa pegal-pegal  setelah bekerja cukup lama di depan komputer. Olahraga ringan untuk meregangkan otot tangan, pundak,leher, pinggang, dan kaki cukup efektif untuk membuatmu merasa lebih baik.

Sesekali cobalah melihat apakah tempat kerjamu cukup ergonomis untuk bekerja di depan komputer dalam waktu yang lama. Jika ternyata tidak sesuai dengan postur tubuh, komunikasikan dengan atasan sehingga bagian perlengkapan dapat menyesuaikannya.

3. Diskusi dengan Atasan atau Rekan Kerja

Foto: pexels.com

Berdiskusi dengan atasan atau rekan kerja sebenarnya tidak memerlukan waktu khusus, karena tuntutan pekerjaan yang kadang tidak memungkinkan bertemu dalam rapat. Saat ada sesuatu yang perlu didiskusikan, pergunakan kesempatan ini untuk berelaksasi, Guys. Berpindah tempat ke ruangan bos atau rekan kerja pasti menyenangkan. Selain mendapatkan kesempatan relaksasi, pasti ada ide, saran, dan pencerahan yang akan kamu dapat. Lumayan ‘kan?

4. Membereskan Berkas

Foto: unsplash.com

Kapan terakhir kali kamu membersihkan meja kerjamu? Kalau sudah satu bulan yang lalu ada baiknya kamu melakukannya saat ini. Saat badan dan otak sudah tidak kondusif bekerja di depan komputer, sisihkan waktu untuk memberesi berkas yang berserak di meja kerja. Pisahkan setiap file sesuai kategorinya. Simpan file penting yang mungkin masih diperlukan, khususnya yang terkait dengan klien yang sedang ditangani. Meja yang rapi pasti akan membuat kamu lebih nyaman bekerja.

5. Makan dan Minum Sehat

Foto: unsplash.com

Kadang memeang  tidak sempat sarapan saat berangkat ke kantor. Kalau kamu membawa bekal, sebaiknya segera kamu makan, ya, Guys. Bekerja dengan perut kosong memicu berbagai masalah kesehatan, terutama masalah lambung yang akan berpengaruh pada kondisi pikiran.

Jika kamu tidak membawa bekal, pesanlah makanan dan minuman sehat. Meskipun banyak fast food yang bisa dipesan lewat ojek online, sebaiknya tetap memilih makanan dengan gizi seimbang yang mengandung sayur dan buah. Daripada minum minuman bersoda lebih baik minum air putih atau jus rendah gula. Dengan makan minum sehat, badan dan pikiran akan lebih fit.

6. Menulis Dengan Tangan

Foto: unsplash.com

Kapan terakhir kali kamu menulis dengan tangan, Guys? Mungkin zaman masih sekolah, ya. Sejak perguruan tinggi sampai bekerja kita selalu dimanjakan dengan keyboard. Tidak ada salahnya, lo, kamu menulis dengan tangan untuk relaksasi. Kadang tangan menjadi kaku saat menulis karena lama tidak menggunakan pensil atau pulpen. Tapi yakinlah bahwa tangan dan pikiran kamu akan lebih sehat dan terkoordinasi dengan baik. Kamu bisa menulis agenda beberapa hari kedepan, konsep surat atau ide yang terlintas di kepala.

Takaiters, kalau sudah capek bekerja didepan komputer kemudian berelaksasi, kamu pasti akan lebih produktif karena tidak bosan dan cepat capek. Jangan berpikiran bahwa dengan selalu berada di depan komputer ide-idemu akan semakin banyak, karena badan dan pikiran ternyata juga perlu istirahat meskipun hanya sebentar.