Hai, Takaiters!

Di era modern dengan perkembangan teknologi internet yang pesat memberi kesempatan pada banyak pedagang untuk berjualan melalui dunia maya. Aktivitas manusia pun kini berorientasi pada digitalisasi. Cara-cara konvensional mau tak mau mulai ditinggalkan.  Para pelaku usaha kini bisa dengan mudah mempromosikan produknya melalui media online baik via e-commerce, marketplace ataupun media social. Begitupun para pelanggan, mereka semakin dimanjakan karena dengan mudahnya bisa berbelanja tanpa harus ke tokonya langsung.

Nah, apa saja yang bisa kamu lakukan agar bisnis kamu tetep berjaya terutama di saat pandemi  memporak-porandakan segala aspek seperti sekarang ini. Yuks, simak tips dibawah ini:

1. Cari Tahu Keinginan Pelanggan

Foto: Pexels.com

Kamu bisa melakukan riset pasar atau riset pemasaran, melihat kebutuhan dan keinginan pasar, mencari tahu berbagai peluang yang ada hingga preferensi konsumen. Sebab, dinamikan industri yang fluktuatif, sebuah bisnis akan sulit bertahan tanpa melakukan riset pasar dan mencari tahu keinginan para konsumen.

2. Ubah Kegagalan Menjadi Keberhasilan

Foto: Pexels.com

Jika produk yang kita pasarkan tidak berhasil menarik minat konsumen, kamu harus segera mengambil langkah strategi bisnis seperti  memberi discount untuk pembelian lebih dari satu item produk, discount pengiriman paket, barang yang dijual up to date sehingga menarik minat konsumen untuk berkunjung ke onlineshop kamu.

3. Rekan Kerja yang Tepat

Foto: Pexels.com

Mencari partner bisnis ibarat seperti mencari pasangan hidup. Harus sesuai visi dan misi sehingga arah bisnis bisa sejalan. Jika management solid usaha akan berjalan sesuai SOP dan bertambah maju.

4. SDM yang Berkualitas

Foto: Pexels.com

SDM adalah kunci penentu perkembangan sebuah usaha karena karyawan sebagai penggerak untuk tercapainya tujuan bisnis. Jadi, penting bagi pemilik usaha untuk mengembangkan SDM menjadi hebat  dan berkualitas.

5. Agar Lebih Menyakinkan Bisnis, Pakai Testimoni Positif Pelanggan

Foto: Pexels.com

Testimoni pelanggan membawa pengaruh positif dari produk yang dijual pelaku usaha. Dengan adanya testimoni menjadi parameter konsumen baru untuk membeli barang di toko online kamu.

6. Selalu Siap Hadapi Perubahan dan Risiko di Depan Mata

Foto: Pexels.com

Selalu siap dalam menghadapi persaingan bisnis, banyak spekulasi, untung rugi selalu berada di depan mata. Mengikuti perkembangan zaman di bidang teknologi dan informasi ditunjang strategi bisnis yang tepat, usaha akan bertahan dan berjaya.

Takaiters, bagi kamu yang saat ini sedang mencoba bisnis online selalu mengikuti perkembangan pasar dan teknologi, ya, agar usaha kamu bisa eksis dan besar. Meski pendemi COVID-19 berdampak pada bisnis harus tetep semangat , ya, Guys. Semoga bermanfaat.