Hai, Takaiters!

Bulan Agustus identik dengan kemerdekaan Republik Indonesia. Seluruh masyarakat Indonesia menyambut dengan suka cita. Untuk menyemarakkan peringatan kemerdekaan biasanya diadakan aneka perlombaan.

Berikut ini 6 perlombaan khas dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia.

1. Panjat Pinang

Foto: kompasiana.com

Sesuai namanya, perlombaan ini menggunakan batang pohon pinang. Aneka hadiah digantungkan di puncaknya. Selain bersifat kompetitif, panjat pinang juga melatih ketangkasan, ketekunan, gotong royong, kebersamaan, pantang menyerah dan tidak mudah putus asa. Permainan ini penuh tantangan dan juga tingkat kesulitan. Batang pohon pinang yang lurus, menuntut pemanjat untuk dapat mencapai puncak dengan tidak mudah. Kesulitan lain adalah karena pada batang pinang dilumuri oli sehingga lebih licin saat dipanjat.

2. Lomba Makan Kerupuk

Foto: ragambogor.com

Lomba ini sangat populer dan juga identik dengan perayaan 17-an. Peserta lomba biasanya adalah anak-anak. Mereka diharuskan untuk menghabiskan kerupuk dengan waktu tertentu. Kerupuk digantungkan pada sebuah tali. Siapa yang dapat menghabiskan dalam waktu tercepat, dialah pemenangnya.

3. Bakiak

Foto: kaltim.tribunnews.com

Bakiak adalah sejenis sandal dari kayu dengan pengikat kaki dari ban bekas yang dipaku di kedua sisinya. Pada perlombaan bakiak, bakiak dibuat memiliki tiga sampai enam lubang kaki. Tujuan permainan ini adalah untuk melatih kekompakan dan kerjasama tim. Mereka harus menyesuaikan langkah dengan satu komando untuk mencapai garis finish.

4. Balap Karung

Foto: tintapendidikanindonesia.com

Peserta balap karung diwajibkan memasukkan badan bagian bawahnya ke dalam karung dalam posisi berdiri. Kedua ujung karung dipegang agar tidak turun. Para peserta kemudian berlari dari garis start menuju finish. Permainan ini bisa dimainkan oleh segala usia. Dari mulai anak-anak hingga orang dewasa.

5. Balap Kelereng

Foto: indosport.com

Permainan ini dapat melatih konsentrasi dan fokus para pesertanya. Para pemain harus berusaha agar kelereng yang ia bawa dengan sendok yang digigit, tidak terjatuh ke tanah.

6. Tarik Tambang

Foto: prasetya.ub.ac.id

Salah satu lomba yang tak kalah populer saat 17-an adalah tarik tambang. Alat yang digunakan berupa tali tambang yang berukuran panjang dengan garis pembatas di bagian tengah. Permainan ini dimainkan oleh dua team. Kedua team memegang erat sebuah tali tambang dengan posisi berhadapan, dari sisi yang berlawanan. Masing-masing regu berupaya untuk menarik tali tambang sekuat mungkin, agar regu lawan melewati garis pembatas. Regu yang melewati garis pembatas dinyatakan kalah.

Itulah 6 jenis perlombaan yang populer dalam rangka memeriahkan perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia. Kira-kira, tahun ini kamu ikut lomba yang mana Takaiters?