Hallo, Takaiters !!!

Suku Karo merupakan salah satu dari berbagai suku yang ada di Sumatera Utara.  Seperti suku-suku lainnya, Suku Karo juga mempunyai makanan khas daerahnya. Nah, Takaiters, kamu tahu enggak, apa saja makanan khas Suku Karo itu? Nah, inilah 6 makanan khas Suku Karo.

1. Cipera

Makanan Khas Suku Karo
Foto: 2.bp.blogspot.com

Cipera adalah masakan khas Suku Karo, yang terbuat dari daging ayam kampung dan cipera. Cipera adalah tepung jagung yang terbuat dari jagung tua yang digongseng, kemudian dihaluskan (digiling). Masakan ini sejenis dengan gulai ayam yang sangat kental karena diberi cipera.

2. Trites

Makanan Khas Suku Karo
Foto: tribuntravel.com

Masakan khas Suku Karo ini terbilang unik, karena terbuat dari berbagai jenis sayuran dan berisi jeroan sapi, kerbau atau kambing. Bahan dari masakan ini adalah rumput yang terdapat pada perut besar sapi, kerbau, atau kambing. Rumput yang digunakan belum menjadi kotoran karena rumput ini diambil bukan dari usus besarnya.

3. Arsik Nurung Mas

Makanan Khas Suku Karo
Foto: adakuliner.com

Masakan arsik nurung mas (arsik ikan mas) adalah salah satu masakan khas Suku Karo yang sangat populer. Proses memasaknya sangat lama sehingga bumbu-bumbunya meresap sempurna.

Bumbu-bumbu utamanya adalah cabe, bawang putih, kunyit, tomat, serai, andaliman, kemiri, dan asam cekala. Semua bumbu ini menghasilkan rasa yang kuat, seperti asin, asam, dan pedas.

Pilihan Editor



4. Kidu-Kidu

Makanan Khas Suku Karo
Foto: kata.co.id

Kidu-kidu merupakan masakan khas Suku Karo, yang terbuat dari ulat sagu, yang hidup di bagian dalam pohon aren yang sudah mati. Kamu tahu nggak, Takaiters, ternyata ulat sagu memiliki asam amino yang lebih tinggi dari telur. Cara memasaknya yaitu, setelah dibersihkan, kidu digoreng agar bagian luarnya renyah. Kidu goreng ini kemudian dimasak sebentar dalam kuah arsik.

5. Tasak Telu

Makanan Khas Suku Karo
Foto: vice.com

Tasak Telu merupakan masakan khas Suku Karo yang berarti “tiga masakan”. Tasak telu terdiri dari masakan ayam kampung rebus dengan bumbu khusus, cipera atau kuah ayam yang dicampur tepung  jagung tua gongseng, dan sambal getah, yakni sambal khas Suku Karo yang terbuat dari cabe rawit, kincung (kecombrang), jeruk nipis, dan sedikit darah ayam.

6. Cimpa Unung-Unung

Makanan Khas Suku Karo
Foto: 3.bp.blogspot.com

Cimpa unung-unung terbuat dari tepung beras ketan sebagai bahan utamanya. Sebagai isinya menggunakan inti yang terbuat dari gula merah yang dicampur kelapa parut dan dibungkus dengan daun pisang atau daun singkut.

Gimana Takaiters, sudah tahu kan makanan khas Suku Karo dari Sumatera Utara. Bagaimana dengan makanan No.4, kidu-kidu, apakah Takaiters berani mencicipinya?

Mejuah-juah!!!