Hai, Takaiters!

Semua umat muslim di dunia menyambut hari Iduladha dengan sukacita. Berbagai hidangan disajikan untuk dinikmati seluruh keluarga dan sanak saudara.

Biasanya d saat seperti ini, makanan yang kita konsumsi tak terkontrol karena terlalu banyak menikmati olahan daging sehingga kesehatan kurang diperhatikan.

Nah, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada tubuh, sebaiknya kita cari tahu buah dan sayur apa saja yang bisa kita konsumsi untuk menghindari kolesterol setelah menikmati olahan daging yang berlebih. Yuk, kita simak, Guys!

1. Semangka

Foto: lifestyle.sindonews.com

Buah ini mengandung kalium, likopen, dan asam amino yang tinggi sehingga bisa menurunkan kolesterol yang jahat dalam tubuh. Semangka bisa langsung dikonsumsi atau dijadikan jus.

2. Pisang

Foto: lifestyle.sindonews.com

Buah yang satu ini berfungsi untuk menyeimbangkan tekanan darah tinggi dan kolesterol setelah makan daging karena buah pisang mengandung kalsium, magnesium, dan potasium.

3. Anggur

Foto: freepik.com

Buah anggur mengandung pektin yang mampu mengikat asam empedu yang dapat menurunkan lemak dan kolesterol dalam darah. Sehingga buah anggur sangat bagus bila dimakan setelah mengkonsumsi daging yang berlebih.

4. Mentimun

Foto: doktersehat.com

Mentimun mengandung kalium, magnesium, dan serat yang mampu mengatur tekanan darah tinggi. Dalam mentimun pun terdapat senyawa sterol yang membantu mengurangi kadar kolesterol. Mentimun bisa dikonsumsi sebagai lalapan dan bisa dibuat jus.

5. Buncis

Foto: doktersehat.com

Sayur yang memiliki warna hijau cerah dengan bentuk memanjang ini bisa menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh karena buncis mengandung zat besi, vitamin K, vitamin A, kalsium, magnesium, kalium, dan folat. Selain itu, buncis sangat baik untuk kamu yang sedang melakukan diet dan juga berfungsi untuk melancarkan pencernaan, Guys.

6. Brokoli

Foto: justapinch.com

Sayur yang satu ini berasal dari daerah Laut Tengah dan dibudidayakan sejak masa Yunani Kuno. Belum lama dikenal di Indonesia, masih banyak yang belum mengenal brokoli. Padahal brokoli terbukti mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, vitamin K, kalsium, zat besi, serat, antioksidan, dan mineral yang sangat diperlukan oleh tubuh. Brokoli sangat baik dikonsumsi dengan cara direbus.

So, Guys, jangan tunda lagi untuk segera mengkonsumsi buah dan sayur setelah menikmati olahan daging yang berlebih agar kesehatan tetap terjaga.