Hai, Takaiters!

Yogyakarta adalah kota yang terkenal dengan sebutan Kota Pelajar. Di kota ini banyak menyimpan sejuta cerita, selain kita bisa menikmati alamnya yang indah, kebudayaannya,  juga wisata kuliner yang sayang untuk dilewatkan.

Banyak kuliner khas Yogyakarta yang sudah terkenal bahkan mendunia.

Nah, Takaiters, untuk lebih tahu kuliner apa saja yang menjadi incaran para pengunjung yang datang kesana.

Yuk, kita simak ulasannya berikut, Takaiters!

1. Gudeg

kuliner khas yogyakarta adalah
Foto: okezone.com

Makanan yang menjadi ikon Yogyakarta ini, adalah makanan yang berbahan dasar nangka muda yang diracik dengan bumbu khas dan santan. Rasa gudeg yang sangat manis dipadukan dengan nasi pulen putih, tempe, tahu, dan telor bacem. Ditambah sambel kerecek dan kuah opor ayam. Ehmm sangat menggoda ya, Takaiters!

2. Nasi Kucing

masakan khas yogyakarta tts
Foto: qraved.com

Nasi kucing atau masyarakat Jawa menyebutnya dengan nama Sego Kucing, adalah nasi yang dibungkus daun pisang ditambah campuran ikan teri, sambal, telor, daging ayam, dan tempe. Disebut Sego Kucing karena dibuat dalam porsi kecil, seperti porsinya kucing.

3. Brongkos

masakan khas yogyakarta beserta resepnya
Foto: resepmasakterbaru.com

Makanan yang mempunyai ciri khas warna kuahnya yang hitam akibat penggunaan kluwak yang dicampur santan, kacang tolo, tahu, telor, dan koyor.

Makanan tradisional Yogyakarta ini, mempunyai rasa yang gurih dan pedas. Disajikan dengan nasi ditambah tempe goreng, perkedel, peyek, dan kerupuk. Sangat nikmat sekali lho, Takaiters!

4. Sate Klatak

Foto: idntimes.com

Makanan yang terbuat dari daging kambing muda yang ditusuk dengan jeruji sepeda, ukuran dagingnya lebih besar tiga kali dari sate biasa. Proses pembakarannya cukup unik, hanya dibumbui garam saja. Disajikan dengan kuah gule kambing yang kental.

5. Geplak

Foto: bisnisusahaonline.com

Makanan yang tidak boleh kamu lewatkan ketika berkunjung kesana. Camilan yang terbuat dari daging kelapa dicampur gula pasir dan beraneka pewarna makanan ini, sangat enak dinikmati dengan secangkir teh pahit panas.

6. Bakpia

kuliner khas jogja 2020

Bakpia adalah makanan dari tepung yang didalamnya diisi bermacam-macam rasa, seperti kacang ijo, cokelat, durian, keju, abon sapi, dan cappuccino. Kue yang berbentuk bulat kecil ini, mempunyai rasa yang sangat enak. Bakpia termasuk ikon kuliner Yogyakarta yang sangat terkenal.

So, Takaiters, jika kamu akan berkunjung ke Yogyakarta, jangan pernah melupakan kuliner khas Yogyakarta ini. Dijamin kamu akan ketagihan untuk kembali menikmatinya.