Hai, Takaiters!

Menilik kata viral, berdasarkan KBBI, viral berhubungan dengan virus, bersifat menyebar luas dengan cepat. Makna lain viral di dunia maya ialah penyebaran informasi yang cepat. Sekarang, Kota Wuhan sedang viral karena virus.

Wuhan, salah satu kota di Tiongkok yang sedang ramai diperbincangkan. Hal itu karena kota Wuhan sedang dilanda wabah virus 2019-nCov (Novel coronavirus). Banyak masyarakat di sana terkena wabah, bahkan menyebar ke beberapa negara.

Berikut enam info tentang Kota Wuhan yang perlu diketahui, ya, Guys.

1. Letak Kota Wuhan

Foto: ayobandung.com

Kota Wuhan terletak di Republik Rakyat Tiongkok (RRT) di lembah Sungai Yangtze. Wuhan merupakan ibu kota provinsi Hubei.

2. Asal Nama Wuhan

Foto: solopos.com

Wuhan merupakan singkatan nama dari dua kota, yaitu Wuchang dan Hankou. Wuchan kota yang terletak di bagian selatan Sungai Yangtze dan Hankou terletak di bagian utara Sungai Yangtze. Sebenarnya, Wuhan merupakan gabungan tiga kota, yaitu Wuchang, Hankou, dan Hanyang.

3. Sungai Yangtze

Foto: republika.co.id

Kota Wuhan dilalui Sungai Yangtze. Sungai Yangtze dikenal juga dengan Sungai Panjang (Long River). Sungai ini merupakan sungai yang terpanjang di Tiongkok.

4. Huanan Seafood Wholesale Market

Foto: travel.tempo.co

Huanan Seafood Wholesale Market merupakan salah satu pasar di Kota Wuhan yang dikenal juga dengan Pasar Huanan. Pasar ini merupakan pasar basah yang memperdagangkan hasil laut, seperti beraneka jenis ikan.

Akan tetapi, di pasar ini juga terdapat pedagang yang menjual aneka hewan liar yang tidak lazim untuk dikonsumsi. Pasar ini disinyalir sumber dari Novel coronavirus yang sedang mewabah. Namun demikian, pihak yang berkompetenlah yang akan menginformasikan sumber dari virus tersebut, ya, Guys.

5. Jembatan Sungai Yangtze

Foto: chinenews.com

Jembatan Sungai Yangtze dikenal dengan Jembatan Wuhan. Jembatan yang melintasi Sungai Yangtze ini memiliki lebar 22,5 meter dan panjang total 1.670 meter.

Jembatan ini terbentang dari Hanyang (Bukit Kura-Kura) ke Wuchang (Bukit Ular). Jembatan ini memiliki empat jalur, bagian atas terdapat dua jalur untuk jalan raya mobil dan bagian bawah jalur ganda rel kereta.

6. Universitas Wuhan

Foto: liputan6.com

Kota Wuhan memiliki universitas negeri, yaitu Universitas Wuhan. Universitas Wuhan merupakan salah satu universitas penelitian negeri yang terkemuka di Tiongkok.

Universitas Wuhan dilengkapi dengan fasilitas penunjang untuk mahasiswa. Mahasiswa baru tinggal di asrama yang sudah disediakan oleh pihak universitas.

Sekarang, Kota Wuhan diisolasi untuk meminimalisasi penyebaran wabah virus 2019-nCov. Sarana transportasi tidak aktif di kota ini. Semoga wabah ini segera dapat diatasi, ya, Guys.