Hai, Takaiters!

Usia remaja bisa dikatakan pubertas, di mana masa ini akan mempengaruhi perubahan hormon yang bisa memicu timbulnya jerawat. Selain itu, perubahan hormon menyebabkan produksi minyak berlebih yang dihasilkan oleh kelenjar minyak. Jerawat bisa timbul karena adanya kotoran dan debu yang menyumbat sehingga kamu harus rajin menjaga kebersihan wajah.

Takaiters, jika kamu berjerawat, sebaiknya jangan memegang jerawat dengan tangan kotor karena bisa menimbulkan infeksi di sumbatan yang bisa menyebabkan radang kulit. Radang atau inflamasi dengan kondisi kulit berjerawat yang memerah, bila pecah akan meninggalkan bekas noda jerawat yang sulit untuk disembuhkan.

Berikut penyebab lain yang bisa menimbulkan jerawat pada usia remaja adalah:

1. Faktor Keturunan

Foto: prelo.co.id

Jerawat timbul bisa karena bawaan lahir, faktor keturunan yang diwariskan orang tua. Bila penyebab jerawat karena faktor keturunan, akan lebih sulit untuk mengobatinya. Namun, bisa dilakukan dengan pencegahan sehingga jerawat yang timbul bisa diminimalisir.

2. Berganti-ganti Produk Kecantikan

Foto: pexels.com

Masa remaja memang usia di mana kamu selalu ingin mencoba sesuatu yang baru, ingin tampil cantik dan sempurna, menggunakan skincare yang tidak tentu. Bahkan, tak sedikit juga remaja yang menggunakan kosmetik dengan kandungan zat berbahaya, berdalih bisa memutihkan wajah dengan cepat.

Namun, tahukah Takaiters, bila kosmetik atau skincare yang menjanjikan putih berkilap secara sekejap itu justru berbahaya dan tidak sehat untuk kulitmu?

3. Perawatan Kulit Wajah yang Tidak Benar

Foto: moslema.com

Perawatan memang harus dilakukan dengan benar seperti membersihkan wajah dengan pembersih sesuai jenis kulitmu, ya. Biasanya masalah kulit yang dirasakan para remaja adalah seperti kulit berminyak, jerawat, kusam, komedo, belang atau warna kulit tidak merata dan lain sebagainya.

4. Konsumsi Lemak dan Makanan Berminyak

Foto: konbibi.com

Mengkonsumsi makanan yang berlemak seperti gorengan memang sangat nikmat. Namun, alangkah baiknya mengkonsumsi lebih banyak buah dan sayur, ya, Takaiters agar kulitmu terjaga kesehatannya. Bolehlah makan sedikit makanan berlemak, tetapi harus bisa mengatur jumlahnya agar tidak berlebihan, ya.

5. Terlalu Sering Terpapar Sinar Matahari

Foto: inews.com

Remaja di usia sekolah memang dituntut aktif dalam setiap kegiatan di luar ruangan. Hal ini mengakibatkan kulit akan sering terpapar sinar matahari. Bila setiap hari terkena paparan sinar matahari tentunya hal ini tidak baik untuk kesehatan kulitmu. Alangkah baiknya menggunakan sunscreen, sunblock atau suncare untuk melindungi kulitmu, Takaiters.

6. Stres

foto: pexels.com

Tidak hanya orang dewasa yang bisa stres, lo, Takaiters. Anak remaja pun juga rawan dengan stres. Banyaknya tugas sekolah, kegiatan olahraga atau mungkin extra kurikuler yang banyak menyita waktu, tenaga, dan pikiran.

Hal tersebut mengakibatkan para remaja kesulitan mengatur waktu dan menjaga daya tahan tubuh sehingga mempengaruhi kesehatan dan hormon yang bisa menimbulkan jerawat. So, jangan sampai lupa untuk selalu menjaga kesehatanmu, ya, Takaiters.

Untuk merawat agar kulit tidak mudah berjerawat, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukakan, Takaiters. Di antaranya dengan rajin membersihkan wajah dengan cara yang tepat.
Membersihkan wajah dengan pembersih sesuai jenis kulit, minimal dua kali sehari sebelum tidur dan sesudah tidur. Sebaiknya kamu memilih skincare yang berbahan alami dan aman untuk usiamu, ya, Takaiters.

Kemudian tips kedua, makan buah dan sayur serta menghindari makanan yang memicu timbulnya jerawat, seperti  usus, kacang, junkfood. Banyak makan sayuran hijau dan buah yang mengandung vitamin C dan A yang bisa kamu konsumsi seperti  wortel, pisang, dan jeruk.

Ketiga, sebaiknya tidak menggunakan sabun antiseptik dan scrub secara berlebihan. Terkadang kulit akan tergesek sehingga perlindungan kulit jadi berkurang. Akibatnya, kulit akan mudah terinfeksi.

Keempat,  tidur yang cukup. Aturlah waktumu sebaik mungkin, Takaiters. Jangan sampai aktivitasmu mengganggu waktu istirahat. Boleh aktif berkegiatan dan belajar, tetapi sesuaikan waktumu dengan benar.

Bagilah waktu untuk belajar, tidur tidak terlalu larut karena hal seperti ini akan mengganggu hormon di tubuhmu. Akibatkan lelah dan tidak seimbangan proses kerja tubuh. Hal ini akan memicu timbulnya jerawat yang akan merusak kepercayaan dirimu, Takaikaters.

Ternyata usia remaja memang sangat rentan terkena jerawat, ya, Taikaters. Yuk, saatnya menjaga pola makan dan gaya hidup agar kamu jauh dari jerawat dan lebih percaya diri. Karena remaja sehat itu bebas dari jerawat.