Hai, Takaiters!

Menjadi wanita pekerja tentunya sangat menyita waktu family time kita, bukan? Karena separuh hari dihabiskan di tempat kerja. Belum lagi yang jarak rumah dan tempat kerjanya jauh, pastinya waktu kamu akan tersita lagi buat perjalanan pulang dan pergi. Padahal itu adalah rutinitas kita sehari-hari, lo, Takaiters? So, apa yang mesti kita lakukan agar tetap terjaga quality time kita dengan keluarga? Simak tips berikut ini, ya, Guys!

Buat Waktu Pagimu Berharga di Rumah

Foto: unsplash.com

Waktu pagi menjelang biasanya bagi yang muslim akan bangun pagi untuk melakukan salat subuh. Momen ini bisa dimanfaatkan untuk menjalin kebersamaan dengan melakukan salat subuh berjamaah. Selepas itu bisa juga dilakukan jalan pagi bersama keliling komplek sekitar 10 – 15 menit.

Selain itu,  bisa juga seluruh anggota keluarga dilibatkan untuk membantu membuat sarapan pagi yang nantinya akan dinikmati bersama di meja makan. Sembari menikmati sarapan pagi cobalah selingi dengan obrolan ringan seputar aktivitas apa yang akan dilakukan di hari ini agar tetap tercipta kehangatan dalam keluarga.

Sempatkan Kirim Kabar Melalui Media komunikasi

Foto: pexels.com

Sebaga wanita pekerja tetaplah memliki naluri keibuan yang kuat untuk tetap memantau anak-anaknya yang sedang sekolah ataupun yang ada di rumah. Menanyakan kabar anak-anak dan suami melalui telepon, WhatsAp, ataupun media komunikasi lainnya sangat penting meski sekadar pertanyaan yang simple seperti sudah makan, Dik? Sudah pulang, Kak? Atau juga bentuk perhatian sederhana lainnya. Dengan begitu suami dan anak akan merasa tetap diperhatikan meskipun ibunya lebih banyak menghabiskan harinya di tempat kerja.

Pulang Tepat Waktu

Foto: pexels.com

Usahakan untuk selalu pulang tepat waktu jika tidak ada pekerjaan yang sangat mendesak yang harus diselesaikan saat itu juga. Hal ini selain menambah waktu kita lebih banyak di rumah juga akan menanamkan kedisiplinan dalam keluarga.

Optimalkan Waktu Sore dengan Hal-Hal yang Bermanfaat

Foto: unsplash.com

Sore hari adalah waktu yang paling tepat buat semua anggota keluarga berkumpul, bertukar pikiran, bercerita, dan melakukan berbagai aktivitas bersama lainnya. Optimalkan waktu ini sebaik-baiknya. Ajaklah anak agar mau duduk bersama dan menceritakan aktivitasnya seharian, menemani anak-anak nonton acara TV favoritnya, mengajari PR, ataupun membuat kerajinan sederhana juga bisa dijadikan momen untuk lebih dekat dengan keluarga.

Jika waktu sore hari tidak dioptimalkan sebaik-baiknya, maka akan kehilangan kesempatan karena begitu waktu berganti malam semua sudah akan lelah dan yang dibutuhkan adalah istirahat.

Nikmati Akhir Pekan dengan Keluarga

Foto: unsplash.com

Jika tidak acara atau kegiatan di tempat kerja pada akhir pekan, habiskanlah waktu akhir pekanmu dengan keluarga. Isi dengan kegiatan yang berkesan. Pada hari minggu pagi kamu bisa ajak jalan-jalan keluarga di alun-alun kota atau CFD (Car free Day), olahraga bersama di komplek atau di lapangan terdekat, bersepeda keliling kota atau mengitari komplek, garden party di halaman belakang rumah atau belanja ke pusat perbelanjaan, dan nonton film.

Takaiters? Jika kamu bisa memanfaatkan waktu seoptimal mungkin dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat maka quality time dalam keluarga tetap akan terjaga meskipun kamu adalah seorang wanita pekerja yang notabene lebih banyak menghabiskan waktu di luar rumah.