Halo, Takaiters!

Rumahku adalah surgaku merupakan slogan indah bagi setiap orang. Jika ingat pulang, hal utama yang terpikirkan tidak terlepas dari rumah. Lantas, apakah rumah selalu bisa menjadi tempat yang nyaman bagi penghuninya? Jawabannya bisa iya, bisa tidak. Nah, kamu bisa menata hunian dengan berbagai tema supaya betah tinggal di dalamnya. Salah satunya tema asri yang sejuk di mata.

Apakah sulit menata hunian supaya terlihat asri, tetapi tidak terkesan sempit dan kotor? Kamu bisa menggunakan beberapa tips di bawah ini, Guys, supaya rumahmu nyaman dan enak untuk ditinggali.

1. Cat Rumah Netral

Foto: pexels.com

Mengenai cat rumah, kamu bisa membiarkannya tanpa warna, ini untuk tipe rumah dengan tema industrial maupun unfinishing. Warna acian semen, atau batu bata espos akan membuat terlihat lebih artistik. Namun, jika memutuskan memberi warna, kamu bisa mengaplikasikan warna yang paling netral.

Warna dasar menjadi pilihan tepat, supaya lebih mudah untuk mepadupadankan perabotan. Hal ini juga akan mempermudah dalam proses mendekorasinya. Tentunya kamu tidak akan membiarkan hunianmu polos tanpa hiasan, kan?

2. Perabot Senada

Foto: pexels.com

Untuk daerah tropis seperti Indonesia, lazimnya perabotan terbuat dari kayu karena mudah didapat, meskipun sudah banyak pilihan dari bahan sintesis tiruan. Supaya hunian terlihat bagus, ada baiknya menyelaraskan perabotan. Yang paling mudah didapat saja seperti kayu, maupun rotan. Mempertahankan warna kayu mempengaruhi keindahan padu padan warna bagi mata. Sudah menjadi rahasia umum, jika sesuatu yang alami itu lebih menyehatkan syaraf mata.

3. Tanaman

Foto: pexels.com

Rumor yang mengatakan tumbuhan tidak bagus di dalam rumah apalagi malam hari karena karbondioksida yang mereka hasilkan, ternyata tidak membuat kecil hati pecinta tanaman. Sudah banyak yang menata hunian mereka dengan tanaman hidup di dalam rumah. Dan hal ini sangat sukses membuat rumah terlihat segar. Kamu bisa memasukkan beberapa tanaman bunga hiasan yang tidak terlalu tergantung dengan sinar matahari sehingga bisa melakukan sunbhating seminggu sekali.

4. Dekorasi Handmade

Foto: pexels.com

Mendekor rumah tidak selalu identik dengan kata mahal. Kamu bahkan bisa membuat sendiri. Rumah zaman dulu, sering memenuhi dinding mereka dengan kolase foto, kamu bisa melakukan hal yang berbeda. Kata-kata penyemangat bisa kamu print dan bingkai. Membuat makram sederhana dari tali selain memberi warna yang berbeda juga bisa kamu jual jika cukup banyak.

5. Pencahayaan Maksimal

Foto: pexels.com

Jangan sampai rumahmu seperti hutan, gelap dan lebat, ya, Guys. Pencahayaan juga harus kamu perhatikan, terutama bukaan yang akan memperlancar sirkulasi udara. Semakin banyak bukaan, selain menghemat listrik pada siang hari, tanaman di dalam rumah tetap bisa melakukan proses fotosintesis supaya tidak mati.

Nah, Guys, tips-tips di atas bisa kamu aplikasikan untuk menata hunianmu. Semoga kamu semakin betah dan lebih produktif walaupun di dalam rumah. Karena pada hakekatnya, rumah yang benar-benar menjadi surga yang akan membuat penghuninya sehat luar dalam.