Hai, Takaiters!

Di zaman teknologi yangs serba canggih seperti sekarang ini banyak hal yang bisa kita lakukan, Takaiters, salah satunya adalah dengan cara memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk menghasilkan uang. Bagi kamu yang memiliki hobi berjualan, kamu bisa mulai berjualan online. Jualan barang atau jasa melalui internet sudah banyak dilakukan saat ini, Guys. JadiĀ  kamu tidak perlu tatap muka dan tidak perlu juga harus ada tempat atau toko fisik.

Tapi, kan, jualan online butuh modal? Ini, nih, enaknya jualan online. Yang kamu butuhkan dalam jualan online itu cuma satu, Guys, yaitu gadget dan paket data. Selain itu hanya pendukung aja.

Dalam dunia jual beli online, kita bisa menggunakan sistem marketer, dropshipper atau reseller. Jadi tidak harus nyetok barang baru bisa jualan online. Kamu cukup mencari pihak ketiga yang dianggap sebagai supplier barang, sampaikan niat dan maksud kamu and go!

Welcome to the world of online buying and selling!

Nah, buat kamu yang masih baru di dunia jual beli online, berikut 5 tips yang harus kamu lakukan sebelum memulai berjualan online:

1. Tentukan Terlebih Dahulu Barang atau Jasa yang Akan Kamu Jual

Foto: pexels.com

Jualan barang atau jasa, kalau mau jualan barang, mulailah searching tempat atau kepada siapa kamu bisa mengambil barang yang mau kamu jual kembali. Tapi kalau mau jualan jasa, kamu harus mulai menentukan, jasa siapa yang akan kamu jual, apakah kamu mau jual jasa kamu sendiri atau kamu mau menjual jasa orang lain.

2. Bangun dan Kembangkan Koneksi Kamu

Foto: pexels.com

Setelah menentukan barang atau jasa yang akan kamu jual, mulailah membangun koneksi di sosial media. Perkenalkan apa yang akan kamu jual dan jangan lupa, sertakan alasan atau keunggulan barang yang akan kamu jual.

3. Tentukan Target Market

Foto: pexels.com

Ketika kamu membangun dan mengembangkan koneksi di dunia maya, hal yang harus menjadi perhatian kamu adalah, perhatikan, siapa-siapa aja sih target market kamu, dengan begitu kamu akan lebih maksimal mempromosikan apa yang kamu jual karena mempromosikan kepada orang-orang atau komunitas yang tepat.

4. Kepakkan Sayap

Foto: pexels.com

Berjalan seiringnya waktu dan usaha kamu dalam mempromosikan jualan kamu, satu hal yang harus ingat. Jangan pernah merasa cukup sampai di kamu. Artinya ketika jualan kamu sudah mulai menunjukkan peningkatan, mulailah mengepakkan sayapmu dengan membuka lowongan reseller.

5. Berdoa dan Tawakkal

Foto: lifestyle.okezone.com

Setelah kamu memaksimalkan semuanya, jangan lupa berdoa dan tawakkal. Semaksimal apapun kamu berpromosi kalau memillik hati tidak mau menggerakkan hati orang lain untuk mau membeli dagangan kamu maka semua akan tetap terasa hampa.

Ada banyak hal positif yang bisa kita lakukan dengan kecanggihan teknologi seperti saat ini. Nah, salah satunya dengan jualan online.

Semoga dengan tips-tips yang telah disampaikan, juga didukung dengan kecanggihan teknologi masa kini, kamu sudah mulai mendapatkan gambaran tentang jualan online. Bisa sangat berbuah manis kalau kamu menekuni dengan maksimal.

 

Semoga bermanfaat ya!