Halo, Takaiters!

Tak terasa bulan Ramadan sebentar lagi akan usai. Itu artinya hari Lebaran akan segera datang. Berkaitan dengan menyambut datangnya hari raya ini, banyak persiapan yang dilakukan. Namun, persiapan dalam menyambut datangnya hari Lebaran ini terkadang membuat pengeluaran membengkak.

Hal ini disebabkan adanya pos tambahan dalam anggaran belanja bulanan yang tidak terkontrol. Untuk menghindari hal tersebut, kamu bisa ikuti tips hemat berikut ini agar tidak terjadi overbudget untuk persiapan Lebaran ini. Ini dia tipsnya!

Belanja Jauh Hari Sebelum Puasa dan Lebaran

Foto: pexels.com

Biasanya harga barang akan cenderung naik menjelang puasa apalagi Lebaran. Sebaiknya kamu belanja barang yang dibutuhkan jauh hari sebelum puasa dan juga Lebaran. Dengan begitu, kamu akan lebih menghemat pengeluaranmu dalam membeli kebutuhan jelang puasa maupun Lebaran.

Buat Daftar Prioritas Anggaran Belanja

Foto: journal.sociolla.com

Catat setiap keperluan dari yang paling penting hingga yang kurang penting. Pencatatan ini akan meminimalisir kemungkinan belanja barang yang sebenarnya tak dibutuhkan. Selain itu, pencatatan ini akan membuatmu bisa menyusun daftar prioritas anggaran belanja yang akan memudahkanmu mengutamakan membeli kebutuhan yang menjadi prioritas utama.

Jangan Mudah Tergiur dengan Diskon Besar

Foto: radiodms.com

Diskon besar yang akan ditawarkan menjelang Lebaran akan menjadi godaan terbesar dalam berbelanja. Bijaklah menyikapi diskon besar yang akan banyak kamu temui menjelang Lebaran. Jangan mudah tergiur dengan hal ini jika ingin pengeluaranmu tetap terkontrol.

Tabung Sebagian Pendapatan

Foto: independent.co.uk

Setelah mendapat penghasilan, biasakan untuk langsung menyisihkannya untuk menabung dan investasi. Jangan lupa untuk manfaatkan uang THR yang kamu dapatkan jelang Lebaran sebagai ajang untuk menabung dan investasi lebih besar dari biasanya.

Hindari Terlalu Sering Pergi ke Pusat Perbelanjaan

Foto: idntimes.com

Terlalu sering pergi ke pusat perbelanjaan menjadi hal yang harus kamu hindari selanjutnya agar bisa lebih berhemat jelang Lebaran. Jalan-jalan dan mengunjungi pusat perbelanjaan akan menuntutmu untuk melakukan pengeluaran. Batasi untuk pergi ke pusat perbelanjaan hanya jika dibutuhkan dan hal ini akan membuatmu lebih hemat dan bijak dalam mengelola keuangan.

Lebaran tinggal beberapa hari lagi Takaiters, semoga tips-tips di atas bisa diterapkan agar pengeluaran bulan ini tidak membemgkak, ya. Semoga bermanfaat.