Halo, Takaiters!

Saat ini, bekerja remote tengah menjadi sistem kerja yang tren di kalangan millenial. Para pegawai tidak diwajibkan datang ke kantor untuk melakukan suatu pekerjaan. Dengan kata lain, mereka bebas memilih untuk bekerja di mana pun termasuk di rumah, selama tempat yang dipilih dapat menunjang pekerjaannya. Kendati demikian, pekerjaan tetap harus diselesaikan tepat waktu dan sesuai dengan arahan.

Nah, untuk itu kamu juga harus bisa bekerja efektif walaupun di rumah. Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu coba. Simak, yuk!

Buat Office Hour untuk Diri Sendiri

Foto: pexels.com

Jika kerja kantoran sudah ada jam kerjanya sendiri, maka berbeda dengan bekerja di rumah. Kamu bisa mengatur sendiri jam berapa kamu harus mulai kerja sampai bisa menyelesaikannya.

Walaupun begitu, kamu tetap harus membuat agenda kerjamu setiap hari agar pekerjaanmu tidak menumpuk atau malah jadi keteteran sendiri. Pastikan kamu disiplin dalam mempraktikkan agenda yang telah kamu buat.

Jauhkan Diri dari Sumber Gangguan

Foto: pexels.com

Selama jam kerja, sebaiknya kamu menjauhkan diri dari sumber gangguan, seperti handphone misalnya. Walaupun terlihat sepele, namun gangguan seperti itu akan membuatmu susah fokus dan membuat pekerjaanmu terbengkalai. Cobalah untuk tetap fokus bekerja walaupun dilakukan di rumah.

Ciptakan Ruang Kerja Sendiri

Foto: pexels.com

Hal yang tak kalah pentingnya yaitu menciptakan ruang kerja sendiri. Hindari untuk bekerja di ruang tidur dengan kebiasaan rebahan, hal ini kurang efektif buatmu untuk bekerja. Dengan adanya ruang kerja, pikiranmu akan lebih fokus dan siap untuk bekerja.

Tetap Berkomunikasi dengan Orang Lain

Foto: pexels.com

Kerja di rumah bukan berarti kamu tidak berkomunikasi dengan orang lain. Selepas bekerja, cobalah untuk meluangkan waktumu untuk bertemu teman atau mengontak teman satu pekerjaan untuk berdiskusi dan mengobrol. Hal ini bisa membuat energimu kembali setelah bekerja seharian.

Jangan Lupa Olahraga, Ya!

Foto: pexels.com

Orang yang bekerja di rumah biasanya disebut sebagai tim rebahan, mengingat mereka tidak perlu menghabiskan energi untuk keluar rumah saat bekerja. Kebiasaan ini membuatmu akan malas gerak dan lebih senang berlama-lama dengan pekerjaanmu yang berdampak buruk bagi kesehatan. Cobalah untuk berolahraga ringan seperti jogging atau workout di rumah secara rutin untuk tetap menjaga kesehatan tubuhmu.

Nah, Takaiters itu dia tips bekerja secara efektif di rumah. Walaupun dilakukan di rumah, tetapi pekerjaanmu harus tetap diselesaikan tepat waktu dan sesuai jadwalnya, ya. Stay productive dan selamat bekerja!