Hai, Takaiters!

Belajar bahasa asing itu penting banget di era millenium saat ini. Salah satu alasannya, kamu bisa bekerja di perusahaan multinasional atau bekerja paruh waktu di beberapa situs freelancer terpercaya.

Menjadi full freelancer  dengan gaji yang dapat menopang semua kebutuhan selama satu bulan itu jadi impian semua orang, lo, bahkan hasil penelitian sebuah situs di Amerika, pekerjaan yang menjadi impian rakyat sana adalah full time freelancer dengan gaji yang layak.

Bahagia banget, ya, kalau  bisa bekerja di mana saja tanpa jauh dari keluarga dan hidup sejahtera.

Nah, agar kemampuan bahasa asingmu semakin terasah kamu boleh banget mencoba beberapa tips belajar bahasa asing di bawah ini, Takaiters. Yuk, diintip!

1. Ikutan Kursus Bahasa Asing yang Kamu Minati

Foto: bucketlish.org

Cara pertama, ya, ikutan kursus dulu. Kamu harus belajar sungguh-sungguh bahasa asing yang kamu minati mulai dari level dasar sampai tertinggi. Pada saat kamu belajar bahasa asing, baiknya pilihlah kursus yang sistem belajarnya tidak pasif karena tujuan kamu belajar bahasa asing bukan hanya untuk menopang nilai ujianmu di sekolah atau kampus, tetapi lebih dari itu. Untuk tujuan jangka panjang, kamu pasti pengen bisa berkomunikasi dengan real native speaker dari bahasa yang sedang kamu pelajari.

Bila dari dasar aja, kamu udah terbiasa dengan pengucapan dalam bahasa asing, bukan tidak mungkin kamu bisa lancar berbicara bahasa asing tersebut. Ayo, tunggu apalagi segera daftarkan dirimu sekarang, ya!

2. Aktif Memperdalam Bahasa Asing yang Kamu Pelajari

Foto: goodnightmessagebox.com

Kebanyakan orang, entah karena kesibukan atau karena hal lainnya, enggan mengulas kembali materi yang telah didapat. Padahal melakukan hal ini penting banget, Guys. Bayangkan saja untuk menjadi seorang dokter aja butuh belajar di kampus selama 7 tahun. Masa, mau master dalam bahasa asing hanya cukup belajar saat kursus saja,  dengan lama belajar dua jam. enggak masuk akal, bukan?

Kalau kamu pengen ahli di bahasa asing yang kamu minati, usahanya juga harus ekstra. Sedapat mungkin meluangkan waktu untuk mengulas materi yang telah dipelajari. Apalagi kalau kamu ingin bisa berbicara bahasa asing tersebut dengan lancar, harus banget memperbanyak kosakata bahasa asing itu.

Teknik belajarnya, bisa dengan mendengar musik dalam bahasa asing tersebut atau yang paling mudah dengan membaca buku dalam bahasa asing yang kamu pelajari itu, Guys!

3. Menggunakan Bahasa Asing Tersebut Setiap Hari

Foto: thoughtco.com

Biasakanlah untuk selalu menggunakan bahasa asing yang kamu pelajari itu setiap saat. Contohnya, amatilah sekitarmu lalu mulailah menyebut semua benda yang ada di situ dalam bahasa asing.

Kemudian, mulailah merangkai kalimat menggunakan kata yang sudah didapat tadi dalam bahasa asing.  Lakukan hal ini setiap hari, ya!

Ketika lisanmu sudah terbiasa dengan pengucapan kalimat dalam bahasa asing, sekarang waktunya mencoba berdialog dengan diri sendiri menggunakan bahasa asing tadi atau bila dirasa perlu, kamu bisa mengganti kebiasaanmu menulis diary dengan bahasa asing yang sedang kamu pelajari. Menyenangkan, bukan? Sambil menyelam minum air!

4. Bergabunglah di Komunitas Bahasa Asing Secara Online

Foto: spanish55.com

Tak ada cara terbaik agar menguasai bahasa asing kecuali dengan belajar langsung pada pakarnya. Nah, bila kamu ingin kemampuan bahasa asingmu bertambah levelnya, mulailah dengan berinteraksi langsung dengan pembicara aslinya ( native speaker). Salah satunya dengan bergabung di komunitas bahasa asing online . Kamu bisa berkirim surat, ngobrol, dan berdiskusi dengan mereka. Disamping kamu juga bisa memiliki teman dilingkup internasional.

Kamu bisa googling, ya, Takaiters. Ada banyak komunitas bahasa asing yang bisa jadi pilihan.

5. Konsisten

Foto: Youthmanual.com

Lakukan semua hal tersebut di atas secara konsisten. Betapa pun aktivitasmu setiap hari sangat padat, selalu luangkan waktumu, ya. Tak perlu banyak, cukup 10-15 menit setiap hari. Kamu bisa membuat jadwalnya secara bergantian, tahapan mana dari yang disebutkan di atas yang harus kamu lakukan. Selamat mencoba!

Yuk, mulai melakukannya, Guys! Karena waktu tak pernah menunggumu!