Hai, Takaiters!

Kamu yang sudah bekerja pasti sudah merasakan bahwa hampir 1/3 waktu sehari habis di kantor, ya. Oleh karena itu, kamu perlu berusaha lebih keras agar kehidupan di kantor menyenangkan. Menjalin hubungan dengan atasan, rekan kerja, dan bawahan pasti memerlukan trik khusus agar pekerjaan selesai, target tercapai tetapi hubungan baik tetap terjaga.

Nah, simak 5 hal ini supaya hubunganmu dengan rekan kerja terjaga dengan baik, Guys.

1. Menjaga Komunikasi

Foto: pexels.com

Bertemu tanpa say hello? Ih … jangan sampai, ya, Guys. Hidup kamu sebagian besar dihabiskan di kantor, jadi jagalah komunikasi dengan rekan kerjamu. Bekerja tanpa bertegur sapa, tanpa bercanda, tanpa basa-basi akan membuat kantormu menjadi neraka.

Berikan pujian jika rekan kerja berhasil mencapai target, minta maaf jika melakukan kesalahan,  angkat telepon dan balas chatnya dengan segera. Jika perlu, belajarlah berkomunikasi lebih baik dari sebelumnya, sehingga kamu menjadi “the most popular person” di kantor, seorang rekan kerja yang menyenangkan dalam keadaan apa pun.

2. Bangun Hubungan Profesional

Foto: unspalsh.com

Meski kamu bisa berteman dengan siapa pun, urusan pekerjaan dan bisnis harus tetap diutamakan, ya, Guys. Meski keakraban kalian tanpa jarak, jangan selalu merepotkan rekan kerja dengan segala keruwetan pekerjaanmu. Jangan terlalu banyak berkeluh kesah, membicarakan keburukan atasan atau bahkan menjelek-jelekkan perusahaan di depan rekan kerja karena mereka pasti tidak suka.

Boleh meminta bantuan, tetapi jangan jadikan ini sebagai alasan buat kamu untuk tidak belajar dan bekerja lebih giat. Jika pekerjaan kalian saling berkaitan, jangan biarkan ia menunggumu lebih lama karena ia juga harus beristirahat pada waktunya.

3. Berteman di Luar Kantor

Foto: unspalsh.com

Meski sudah seharian bersama rekan kerjamu, tidak ada salahnya kamu berteman dengannya di luar urusan kantor. Sesekali makan siang bersama, nonton film, belanja atau saling berkunjung akan membuat kalian semakin akrab. Bahkan, beberapa rekan kerja akhirnya serasa saudara karena saling tahu kondisi keluarganya. Yang paling penting, jangan membuka aibnya di depan atasan atau rekan kerja yang lain.

Sadarilah bahwa tidak ada manusia yang sempurna. Belum tentu seseorang yang sempurna di kantor memiliki keluarga yang menyenangkan ataupun sebaliknya yang menyebalkan ternyata seorang anak yang berlimpah kasih sayang.

4. Saling Menghormati

Foto: unspalsh.com

Menghormati adalah sebuah keharusan dalam hubungan jenis apa pun, apakah pertemanan, persaudaraan atau pernikahan. Jika kamu tidak mau menghormati orang lain, jangan harap orang lain akan menghormatimu. Meski tidak harus selalu menundukkan badan saat bertemu rekan kerja, tunjukkan rasa hormatmu dengan memberinya perhatian saat diajak bicara, menjaga privasinya meski ia tidak berada di meja kerjanya dan tidak mencacinya meski ia berbuat kesalahan.

Berbicara tanpa merendahkan, menjaga sopan santun dan selalu mengucapkan 3 kata ajaib: maaf, tolong, dan terima kasih akan membuatnya merasa dihargai dan dihormati.

5. Bersaing Sehat

Foto: unspalsh.com

Setiap pekerjaan menuntut kesempurnaan, karenanya perusahaan memerlukan karyawan yang memiliki kinerja dan produktivitas di atas rata-rata. Meskipun setiap karyawan berlomba-lomba mendapatkan penilaian terbaik dari perusahaan, jangan sampai melakukan hal-hal yang tidak semestinya kepada rekan kerja, Guys.

Bersaing sehat akan membuatmu lebih aman, baik di mata perusahaan dan baik pula di mata rekan kerja. Jangan pernah  mengacak-acak meja rekan kerja atau mengintip komputernya untuk mencuri ide mereka. Namun, berdiskusilah secara terbuka mengenai berbagai ide yang ada, jika salah satunya sudah menjadi milik rekan kerjamu, carilah ide yang lainnya.

Takaiters, sudah paham ‘kan kenapa kita harus melakukan hal-hal tersebut jika ingin menjadi rekan kerja yang menyenangkan? Karena percayalah, jika kamu dikenal sebagai rekan kerja yang baik, kapan pun dan di manapun kamu bekerja nantinya akan mudah mendapatkan rekan kerja baru yang juga menyenangkan.