Halo, Takaiters!

Bagi yang mau liburan seru dan dapat ilmu bagus, ada tempat wisata keren di Purbalingga, Jawa Tengah, yang bisa Takaiters kunjungi bersama keluarga.

Tidak hanya menyajikan keindahan dan keseruan, namun Purbalingga juga menawarkan obyek wisata yang berfungsi sebagai tempat belajar juga.

Apa sajakah tempat wisata itu? Yuk, kita simak!

1. Akuarium Air Tawar

Foto: piknikasyik.com

Akuarium air tawar Purbasari Pancuran Mas ini terletak di desa Purbayasa. Kira-kira tiga puluh menit perjalanan bermobil dari alun-alun kota ke arah Baturaden.

Berbagai jenis ikan air tawar dipamerkan di sini. Salah satu yang paling menarik di akuarium air tawar ini adalah ikan raksasa dari Sungai Amazone, yaitu Arapaima gigas yang panjangnya kurang-lebih dua meter. Selain itu, kamu juga bisa melakukan terapi ikan di sini.

Selain akuarium, Purbasari Pancuran Mas juga memiliki koleksi burung-burung langka. Benar-benar asik melihat koleksinya. Untuk anak-anak kecil, tersedia juga tempat bermain anak-anak.

2. Sanggaluri Park

Foto: travel.detik.com

Sanggaluri Park pada awalnya adalah Insect n Reptil Park. Berlokasi di Kutasari, kira-kira setengah jam perjalanan dari kota.

Koleksinya berupa awetan serangga beraneka jenis, bentuk dan warna, seperti kumbang dan kupu-kupu. Terbanyak adalah awetan kupu-kupu. Selain bentuk dan warna, cara menata koleksi awetan pun sangat menarik.

Sedangkan koleksi reptilnya adalah binatang hidup. Terbanyak adalah koleksi ular dari berbagai jenis, ukuran dan warna. Kita juga bisa berfoto sambil memegang ular dengan didampingi pawangnya. Selain itu, ada juga museum uang dan museum wayang.

Jadi, selain berekreasi, di sini kita bisa menambah pengetahuan tentang dunia serangga dan reptil, juga uang dan wayang.

3. Owabong

Foto: liputan6.com

Obyek wisata air Owabong ini pertama kali dikenal dengan ember tumpahnya. Terletak di desa Bojongsari, kira-kira setengah jam perjalanan dari kota ke arah utara.

Selain ember tumpah yang legendaris, Owabong juga memiliki kolam arus yang membuat kita merasakan sensasi arus sungai, jadi bukan hanya kolam renang berair tenang dan statis saja.

Selain itu, Owabong juga memiliki pajangan pesawat terbang yang bisa kita masuki.

4. Kutabawa Flower Garden

Foto: travel.kompas.com

Kutabawa Flower Garden berlokasi di bagian utara Purbalingga, tepatnya di Kecamatan Karangreja.

Menawarkan pemandangan bunga-bunga yang bermekaran indah, warna-warni, dengan penataan menarik dan sangat Instagrammable.

5. Kampung Kurcaci

Foto: youtube.com

Kampung Kurcaci juga berlokasi di Kecamatan Karangreja, ke arah utara dari kota.Menyajikan pemandangan alam yang indah, dengan rumah-rumah mungil aneka warna, tentu akan membuat anak-anak terpesona.

Itulah beberapa tempat tujuan wisata di Purbalingga, Jawa Tengah, yang bisa dikunjungi saat kamu berkunjung ke Purbalingga, Guys.