Bagi kamu yang suka menghabiskan waktu liburan dengan melancong atau travelling ke berbagai daerah-daerah wisata Indonesia, tampaknya kurang oke jika kamu para Travellers tidak mencicipi dan membawa pulang sebuah oleh-oleh atau jajanan khas yang nantinya akan dibagikan kepada kerabat atau saudara terdekat.

Biasanya oleh-oleh tersebut bisa berupa souvenir atau jajanan makanan khas dari daerah tersebut. Berikut ini merupakan oleh-oleh khas dari berbagai kota paling favorit di Indonesia yang bisa Kalian beli dan bawa pulang.

1.  Bika Ambon, oleh-oleh Khas Medan

oleh-oleh khas dari berbagai kota di indonesia
Foto : cari-informasi-kita.blogspot.co.id

Jika para Travellers menganggap kue bika ambon merupakan makanan khas Kota Ambon, anggapan tersebut tentunya salah, dibalik namanya yang membuat banyak orang terheran. Ternyata kue bika ambon merupakan makanan khas yang berasal dari Medan, Sumatera Utara. Biasanya kue bika ambon memiliki varian rasa seperti keju dan juga durian.

Pilihan Editor

Oleh-oleh ini merupakan salah satu oleh-oleh yang paling sering atau wajib dibeli dan dibawa pulang oleh para travellers, ketika berada di Kota Medan, Sumatera Utara.

2. Kue Sagu, oleh-oleh Khas Papua Tengah

oleh-oleh khas dari berbagai kota di indonesia
Foto : 4.bp.blogspot.com

Dari namanya saja kamu tentu sudah tahu, jajanan kue ini berasal dari bahan dasar sagu yang memiliki tekstur keras, tetapi memiliki cita rasa yang khas ketika kamu mencicipinya. Jadi tidak ada salahnya bagi para travellers untuk membawa pulang jajanan kue khas asal Papua Tengah ini. Biasanya kue sagu ini sangat mantap dimakan, jika dicelupkan dengan kopi favoritmu!

3. Kripik Apel, oleh- oleh khas Malang

oleh-oleh khas dari berbagai kota di indonesia
Foto : viva.co.id

Tidak salah, jika Kota Malang mendapat julukan Kota Apel, berbagai macam aneka kripik terdapat di Kota Malang yang paling membuat orang terpikat adalah kripik apel-nya, seusai dengan namanya kripik ini berbahan dasar 100% buah apel segar pilihan, dan minyak nabati.

Saat ini, kripik apel sudah menjadi jajanan khas Kota Malang yang banyak dicari oleh pelancong dari berbagai daerah di Indonesia saat berkunjung ke Kota Apel, Malang.

4. Karupuak Sanjai, oleh-oleh khas Sumatera Barat

oleh-oleh khas dari berbagai kota di indonesia
Foto : 4.bp.blogspot.com

Selain Sumatera Barat terkenal akan kelezatan rendangnya yang telah mendunia, ternyata masih ada juga lho jajanan khas minang yang tidak kalah dari rendang. Oleh-oleh yang satu ini merupakan salah satu oleh-oleh berbahan baku singkong yang berasal Sumatera Barat.

Karupuak sanjai secara umum terbagi menjadi tiga jenis yakni, tawar tanpa bumbu, asin berwarna kuning, dan berbumbu pedas atau yang populer disebut dengan keripik balado. Gimana? Tertarik dengan karupuak sanjai?

5. Pie Susu, oleh-oleh khas Bali

oleh-oleh khas dari berbagai kota di indonesia
Foto : katabunda.com

Kedengarannya jajanan kue yang satu ini seperti berasal dari luar negeri, tetapi faktanya tidak. Mungkin dikarenakan asalnya saja dari Pulau Dewata, Bali.

Semua orang pasti tahu Bali terkenal akan tempat wisatawan mancanegara  berkumpul yang menjadi salah satu spot liburan terbaik di dunia, dan selalu dikunjungi, tetapi sangat disayangkan jika kamu melancong ke Bali, dan tidak membawa kue imut yang satu ini. Rasanya yang manis dan bisa bertahan cukup lama menjadi salah satu oleh-oleh khas Bali yang wajib kamu bawa dan bagikan ke kerabat dekatmu.

Jadi kamu sudah tahu kan? daftar list oleh-oleh khas daerah mana saja yang harus atau wajib dibeli dan dibawa pulang untuk dibagikan kepada kerabat dekat Anda, ketika kamu travelling ke salah satu daerah-daerah diatas. Jangan lupa ya! berbagi itu indah.