Halo, Takaiters!

Pada tanggal 17 Agustus 2019 bertepatan dengan hari kemerdekaan Republik Indonesia, kloter pertama jamaah haji asal Indonesia kembali ke tanah air. Ada perasaan haru dan gembira ketika para jamaah menginjakkan kaki kembali di Indonesia. Tentunya rindu akan keluarga yang ditinggalkan sudah tidak dapat terbendung lagi.

Setelah kurang lebih empat puluh lima hari berada di Kota Makkah untuk melaksanakan ibadah haji, mengikuti segala syarat dan rukun yang telah ditentukan kini saatnya mereka bisa berkumpul kembali dengan keluarganya.

Keluarga dan sahabat kembali berbondong-bondong menemui jamaah yang kini sudah bergelar Haji dan Hajah, yaitu untuk mendapatkan doa dan keberkahan dari mereka yang telah pergi melaksanakan ibadah haji.

Oh, ya, Guys. Selain berbahagia karena bisa kembali ke tanah air, setiap jamaah pasti membawa oleh-oleh untuk keluarga dan sahabat. Memang bukan suatu keharusan untuk membawa oleh-oleh, tapi itu adalah suatu tradisi yang biasa dilakukan dan semoga menjadi ibadah pula bagi mereka yang telah melaksanakan ibadah haji.

Ada beberapa oleh-oleh yang selalu dinanti oleh keluarga dan sahabat di tanah air. Kamu harus tahu, ada beberapa oleh-oleh yang selalu dinantikan dan itu nyaris tidak pernah lupa dibawa oleh para jamaah haji. Inilah daftar oleh-oleh yang selalu dinanti itu.  

1. Air Zam-Zam

Foto: mnctrijaya.com

Air Zam-Zam merupakan air yang dianggap suci oleh umat Islam. Air Zam-Zam juga merupakan sebuah keajaiban karena airnya telah mengalir ribuan tahun yang lalu dan tak pernah kering sampai saat ini.

Air Zam-Zam juga memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Untuk saat ini, jamaah haji tidak diperkenankan membawa Air Zam-Zam ke dalam koper.

Yang pertama kali disajikan ketika ada tamu yang berkunjung kepada jamaah haji yang baru kembali adalah Air Zam-Zam. Biasanya disajikan dalam tempat khusus yaitu sejenis teko yang terbuat dari alumunium dan memiliki hiasan gaya Arab, serasi dengan gelasnya yang kecil mungil. Setiap tamu yang berkunjung akan mencicipi Air Zam-Zam menggunakan gelas yang kecil tersebut.

2. Kurma

Foto: suara.com

Kurma adalah oleh-oleh yang sangat dinanti setelah Air Zam-Zam. Buah kurma dipercaya memiliki berbagai khasiat. Kurma mengandung gizi yang cukup, bagi yang berpuasa disunatkan untuk berbuka puasa dengan memakan kurma.

Buahkurma muda dipercaya dapat meningkatkan kesuburan. Bagi yang sudah berkeluarga namun belum memiliki keturunan, maka dianjurkan untuk mengkonsumsi buah kurma muda.

Ada berbagai jenis kurma dan harganya pun bervariasi. Kurma ajwah adalah jenis kurma nomor satu, karena jenis ini adalah kurma yang dikonsumsi oleh Nabi.

3. Minyak Zaitun

Foto: klcbs.com

Minyak Zaitun adalah oleh-oleh yang tak kalah dinanti. Berbagai khasiat terkandung dalam minyak Zaitun, dari mulai dipakai untuk campuran masakan, ramuan obat-obatan luar, bahkan bisa digunakan untuk merawat kecantikan.

4. Kismis

Foto: burfikadai

Hmm, ini juga selalu dinanti. Tak lengkap rasanya kalau jamaah haji tidak menyajikan hidangan kismis. Kismis terbuat dari anggur yang dikeringkan, biasanya berwarna kuning atau agak kecokelatan. Rasanya manis dan segar. Bisa dimakan langsung atau sebagai pelengkap makanan yang lainnya.

5. Kacang Arab

Foto: hellosehat.com

Kacang Arab rasanya sangat gurih. Selain rasanya enak, kacang Arab juga menyehatkan karena mengandung posfor, vitamin K, zat besi, magnesium, dan folat. Kacang Arab berbentuk bulat dan kecil. Biasanya berwarna krem atau cokelat.

O, ya, Guys. Semua oleh-oleh ini bisa didapati di sepanjang kota Makkah dan Madinah. Di Indonesia pun mudah didapati jenis makanan ini, namun kurang afdal rasanya kalau tidak membawa dari Makkah dan Madinah.

Itulah oleh-oleh yang selalu dinantikan ketika jamaah haji pulang ke tanah air. Semoga kamu yang sudah melaksanakan ibadah haji dan membawa oleh-oleh untuk saudara dan sahabat menjadi sebuah amal kebajikan yang dilipat gandakan pahalanya oleh Allah SWT, dan tentunya menjadi haji yang mabrur mabrurah.  Aamiin.