Hai, Takaiters!

Sebarapa sering kamu melewatkan sarapan pagi? Terkadang karena buru-buru atau banyaknya pekerjaan yang harus di selesaikan pada pagi hari membuat kita tidak sempat sarapan pagi. Padahal sarapan pagi itu penting, lo, Takaiters? Kita intip, yuk, apa si pentingnya sarapan pagi bagi tubuh?

Kebutuhan Nutrisi Tubuh Kita Terpenuhi

Foto: unsplash.com

Teratur melakukan sarapan pagi kebutuhan nutrisi tubuh akan mudah terpenuhi secara menyeluruh. Apalagi bagi milenial yang memiliki seabreg kegiatan, mengawali pagi dengan sarapan merupakan modal utama untuk melakukan segala aktivitas setelah tubuh  tidak memperoleh asupan makanan selama berjam-jam.

Mengontrol Berat Badan

Foto: pinterest.com

Membiasakan sarapan pagi, akan membantu mengontrol berat badan karena perut yang sudah terisi dengan makanan pada pagi hari maka pada siang harinya tidak akan terasa lapar. Hal ini menjadi benteng untuk tidak mengkonsusmi banyak makanan di siang harinya. Sebaliknya jika sarapan pagi tidak dibiasakan maka pada siang hari makanan yang di konsumsi menjadi sangat banyak. Bahkan cenderung mengkonsumsi makanan yang tinggi lemak dan tinggi karbohidrat sehingga berat badan akan terus bertambah dan menjadi obesitas.

Lebih Fokus dan Meningkatkan Konsentrasi

Foto: pexels.com

Jika Takaiters memiliki pekerjaan yang tingkat kesulitannya tinggi maka dibutuhkan ketelitian dan daya konsentrasi yang juga tinggi. Dengan sarapan pagi asupan gizi yang terkandung di dalamnya akan sangat membantu kemampuan otak menjadi lebih fokus dan lebih konsentrasi.

Menjaga Keseimbangan Metabolisme Tubuh

Foto: pexels.com

Pada saat tubuh dalam keadaan tidur atau beristirahat semalaman maka tubuh tidak mengkonsumsi makanan apapun hingga pagi hari. Akibatnya kadar gula dalam tubuh secara drastis mengalami penurunan. Hal ini memicu terjadinya pengambilan cadangan gula secara paksa dari lapisan otot atau liver yang disebut glycogen yang akan menyebabkan tidak seimbangnya metabolisme dalam tubuh jika terus dibiarkan terjadi.

Tidak hanya itu tubuh juga akan mudah terkena penyakit maag dan adanya keluhan pada lambung. Dengan membiasakan sarapan pagi maka akan diperoleh karbohidrat yang akan menjadi sumber energi bagi tubuh untuk kembali beraktivitas setelah tidur semalaman.

Menjaga Mood

Foto: pexels.com

Jika perut dalam keadaan lapar maka emosinya akan dengan mudah naik. Sehingga yang ada hanyalah rasa malas, uring-uringan, bete, jengkel bahkan kadang bisa menimbulkan amarah. Pada saat perut dalam keadaan kosong maka akan berimbas pada otak dimana otak tidak lagi dapat berfikir jernih. Untuk mencegah hal tersebut maka biasakanlah untuk selalu sarapan pagi.

Takaiters, ternyata memang penting, ya, sarapan pagi? Mulai sekarang jangan biarkan lagi sarapan pagi kamu terlewat. Jika tidak sempat sarapan di rumah kamu bisa membawa bekal atau sarapan di kantin tempat kerja kamu.

Eits, tunggu dulu, menu sarapan pagi juga harus diperhatikan, lo, Takaiters. Usahakan agar menu sarapan pagi mengandung gizi makro dan gizi mikro yang lengkap yaitu harus tercukupi 4 komponen yang diperlukan tubuh seperti karbohidrat, protein nabati, protein hewani, dan lemak. Salam sehat, Takaiters?