Holla, Takaiters!

Bulan Ramadan kurang afdal rasanya kalau belum berbuka dengan si kecil nan legit ini, apalagi kalau bukan buah kurma. Kurma adalah salah satu makanan yang menjadi andalan saat berbuka puasa, seperti yang dianjurkan oleh Rasullullah yaitu berbuka dengan tiga butir kurma dan segelas air. Berbuka puasa dengan kurma mempunyai banyak keutamaan di antaranya cepat mengembalikan kekuatan badan, hal ini karena dalam kurma terkandung gula yang mampu memulihkan tenaga dengan cepat.

Namun, tidak hanya pada bulan puasa saja kamu bisa mengkonsumsi kurma, Takaiters, dalam menu keseharian pun sah-sah aja untuk memasukkan kurma dalam list camilan yang sempurna. Yuk, Guys, kupas segudang manfaat dari buah kurma!

1. Meningkatkan Energi

Foto: smallfootprintfamily.com

Dalam 100 gram buah kurma terkandung kalori sebanyak 282 kkal, dan gula (fruktosa maupun glukosa) sebesar 63,35 gram. Hal ini membuat energi yang telah berkurang sepanjang menjalani puasa seharian menjadi cepat tergantikan, Guys. Selain itu, kurma juga mengandung serat 8gr, vitamin, dan antioksidan, sehingga membuatnya menjadi camilan yang sempurna.

Menurut sebuah studi, kurma tidak hanya mampu meningkatkan energi, tapi juga mampu membantu memulihkan energi dengan cepat saat  Takaiters bekerja di luar ruang atau berolahraga.

2. Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Foto: pexels.com

Untuk menurunkan berat badan, biasanya hal yang harus dihindari adalah gula. Tapi tidak dengan kurma, Guys, dalam kurma terkandung serat. Serat dalam kurma mampu membuat Takaiters merasa kenyang untuk waktu yang lumayan lama dan itu mampu untuk mencegah menurunnya kandungan  gula dalam darah.

Kandungan antioksidan dalam kurma, seperti anthocyanin dan karotenoid juga dapat menjaga tubuh dari toxin alias racun nakal yang menempel ke tubuh, Guys. Selain itu juga meningkatkan metabolisme dalam tubuh sehingga dapat membantu menurunkan berat badan Takaiters. Siapa, sih, yang enggak pengen nyemil enak tapi juga enggak bikin gemuk?

3. Menurunkan Trigliserid Dalam Darah

Foto: hellosehat.com

Trigliserid adalah salah satu lemak yang banyak ditemukan dalam darah, sebagian besar berasal dari makanan seperti daging, keju, susu, dan makanan berlemak lainnya. Sebuah studi menyimpulkan bahwa kurma mampu menurunkan kadar trigliserid dalam darah. Hal ini karena kandungan niasin (vitamin B3) dalam kurma 1,274mg per 100 gr kurma (8%). Buah ini juga kaya akan potassium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan menurunkan risiko stroke, hipertensi, dan juga penyakit jantung. Mumpung masih muda, yuk, Guys, sayangi jantung kamu.

4. Memperbaiki Kesehatan Pencernaan

Foto: hellosehat.com

Seperti yang disebutkan sebelumya, kurma kaya akan serat. Serat ini baik untuk sistem pencernaan agar bekerja dengan optimal.

Dilansir dari British Journal of Nutrition menyebutkan bahwa orang yang mengonsumsi mengonsumsi kurma secara teratur memiliki sistem pencernaan yang lebih baik daripada yang tidak makan kurma. Kurma ternyata juga mampu melindungi  dan juga menghambat penyebaran bakteri yang berbahaya di usus besar, lo, Takaiters.

5. Menurunkan Kadar Stress

Foto: pexels.com

Kurma mengandung vitamin B6 atau yang biasa disebut piridoksin. Vitamin ini membantu badan menghasilkan serotonin untuk menjaga kesehatan otak dan sistem saraf. Serotonin ini bertugas untuk mengendalikan mood kamu, Guys. Saat stress mood menjadi enggak karuan tentunya, lebih baik cari aja camilan kurma, nih, agar mood kembali terjaga. Kekurangan vitamin B6 ternyata ada kaitannya dengan gejala depresi, lo, Guys, So biar enggak mudah depresi dan bad mood makan kurma, yuk, Guys!

Nah, Takaiters, apakah kamu suka dengan kurma dan seberapa sering kamu mengonsumsinya? Jika belum terlalu suka dengan kurma, mengingat segudang manfaat untuk kesehatan sepertinya tak ada salah nya untuk mencoba memasukkan kurma dalam list menu kamu, ya, Takaiters.