Halo, Takaiters!

Salah satu daya tarik wisatawan saat di Indonesia adalah makanan khasnya, karena Indonesia adalah negari sejuta makanan. Berbagai daerah di Indonesia memiliki beragam makanan khas. Dengan adanya berbagai makanan khas itu tentu saja wisatawan mancanegara datang ke Indonesia tidak hanya untuk berwisata alam saja tetapi juga wisata kuliner.

Nah, Takaiters, salah satu provinsi di Indonesia yaitu Jawa Timur merupakan provinsi yang memiliki banyak ragam makanan khas. Lalu apa saja makanan khas Jawa Timur, yuk, simak ulasan berikut!

1. Rawon

Foto: pontianak.tribunnews.com

Ciri khas rawon ini adalah kuahnya berwarna hitam pekat karena menggunakan kluwek. Bumbu/yang dipakai adalah bawang merah, bawang putih, lengkuas, ketumbar, serai, kunir, lombok, kluwek, dan garam. Rawon terkenal di Surabaya, tetapi kota Pasuruan makanan ini juga tidak kalah terkenal. Biasanya makanan ini disajikan dengan sate komo sebagai pelengkapnya.

2. Pecel

Foto: travelingyuk.com

Pecel merupakan makanan khas Jawa Timur yang sudah melegenda. Bahan utama pecel adalah berbagai sayuran yang direbus seperti kangkung, taoge, sawi, kacang panjang, dan kol lalu disiram bumbu sambal kacang. Beberapa kota di Jawa Timur yang memiliki nasi pecel enak dengan ciri khas kota masing-masing adalah Madiun, Blitar, dan Kediri. Apa kamu sudah pernah mencoba nasi pecel, Guys?

3. Nasi Krawu

Foto: idntime.com

Nasi krawu berarti dicampur dengan kasar. Nah, menu makanan ini memiliki cukup banyak bahan yang dicampur untuk dijadikan lauk yang lezat dan nikmat. Beberapa bahan yang dicampur tersebut adalah jeroan sapi, serundeng, daging sapi, terasi, dan lainnya. Bahan itu dimasak hingga menjadi olahan yang istimewa. Lauk tersebut dihidangkan dengan nasi putih hangat dan ditambahkan sambal sebagai pelengkap.

Makanan tersebut berasal dari kota Gresik, kamu wajib untuk mencoba, Guys. Nasi krawu dikatakan sebagai salah satu makanan khas yang sudah menjadi legenda di Jawa Timur karena sudah ada sejak puluhan tahun.

4. Rujak Cingur

Foto: food.detik.com

Nama rujak cingur berasal dari salah satu bahan utama, yaitu irisan daging mulut sapi. Cingur tersebut ditambahkan dengan beberapa sayuran, tahu, dan tempe. Setelah itu ditambahkan dengan bumbu yang dibuat dari gula merah, petis, kacang tanah, dan cabai. Jika kamu suka dengan rujak, maka makanan khas ini harus kamu coba terutama saat berkunjung ke daerah di Jawa Timur, Guys.

5. Sambel Wader

Foto: workerbahagia.com

Sambel wader merupakan makanan khas dari Mojokerto yang sangat populer. Bahan utama dari makanan khas Jawa Timur ini adalah ikan wader. Wader merupakan ikan air tawar berukuran kecil, dan banyak dijumpai di sungai-sungai yang mengalir. Kemudian ikan digoreng sampai kering, lalu dimakan dengan sambal khas Jawa Timur.

Itulah, Guys makanan khas Jawa Timur yang lezatnya tak tertandingi. Di daerah kamu ada makanan khasnya apa saja Takaiters?