Hallo Takaiters!

Pernah mampir ke kota Solo belum Takaiters? Kota kecil di Provinsi Jawa Tengah ini terkenal lantaran letaknya yang dekat dengan sungai Bengawan Solo. Sehingga sering juga disebut Kota Bengawan.

Tak kalah dari daerah lain, Solo pun punya lokasi nyentrik untuk kulineran. Yakni Alun-Alun Kidul Keraton Solo. Atau sering disebut Alkid. Nah, di Alkid inilah kawula  muda Solo dan sekitarnya sering nongkrong dan hangout.

Lantas keramaian ini dilengkapi dengan berbagai kuliner unik disana. Yang tentu saja bisa Takaiters coba. Saat malam tiba maka puncak keramaian bermula.

Nah, inilah beberapa jajanan khas di Alkid yang bisa dicicipi. Simak ya, Jajanan di alun-alun kidul, Takaiters!

  1. Bakso Bakar

Jajanan di alun-alun kidul
Foto: cookpad.com

Kalau Takaiters mampir ke Alkid, pasti deh akan bertebaran penjual bakso bakar di sana. Memang bakso bakar itu menjadi jajanan yang wajib dicoba untuk siapa pun yang nongkrong di Alkid.

Harganya murah Takaiters, seribu rupiah untuk satu tusuk. Kamu bisa makan bakso bakar ramai-ramai bersama teman-teman tanpa khawatir isi kantong terkuras.

2. Sosis Naga

jajanan alun alun kidul jogja
Foto: cookpad.com

Bagi pecinta jajanan pedas, barangkali sosis naga cocok untuk kamu. Lapak sosis naga di Alkid menyediakan berbagai sosis dan bakso, mulai dari sosis biasa, sosis jumbo, bakso ikan, bakso udang, tempura, dan lain sebagainya.

Pilihan pedasnya pun berbeda-beda. Tinggal pilih sesuai dengan level favoritmu Guys! Rasa sambalnya pun unik. Jangan lupa mencicipinya ya Takaiters!

3. Angkringan/Hik

jajanan di alun alun kidul solo
Foto: travelingyuk.com

Angkringan di Solo sering disebut dengan Hik. Ada beraneka menu makanan di sini. Mulai dari nasi kucing, nasi ikan teri, aneka gorengan, wedang jahe, dan lain-lain. Dan harganya murahnya kebangetan Guys! Biasanya orang-orang sering menghabiskan waktu di Hik setelah bekerja seharian. Makan di Hik tidak akan membuatmu bokek lho! Yakin deh.

4. Sempolan

jajanan di alun alun kidul
Foto: tribunstyle.com

Satu lagi jajanan favorit di Sempolan. Sempol yang terbuat dari bahan utama ayam dan tepung tapioka itu sangat populer di Alkid. Lantas dibentuk bulat memanjang dan ditusuk dengan tusuk sate. Sempolan disajikan dengan cara dibalur telur ayam lalu digoreng dan dilengkapi dengan saus pedas atau tomat. Wah, rasanya sangat mantap lho Takaiters! Jangan sampai tidak mencoba ya!

5. Cumi Bakar

Foto: resepmasakankreatif.com

Nah, ini satu lagi jajanan yang sedang viral di Alkid. Yakni cumi bakar. Siapa yang tidak suka seafood? Salah satunya cumi ini. Cumi dibakar sampai siap disantap lalu dilengkapi dengan saus yang sangat nikmat. Hmmm, jelas akan menggugah selera Guys!

Nah, itulah 5 jajanan di Alun-alun Kidul Solo yang sangat murah dan sedap disantap. Kalau bertandang di Solo, jangan lupa untuk mampir ke Alkid ya, Takaiters!