Halo, Takaiters!

Saat ini masuk bulan Agustus, ya. Spesial, dong, bagi bangsa Indonesia menyambut bulan kemerdekaan. Tahun ini bangsa Indonesia akan merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 74. Wow, cukup berumur usia negara Indonesia, ya. Sebagai milenials yang cinta tanah air, ada 5 hal spesial yang wajib Takaiters ketahui dan penting ikuti di setiap perayaan hari kemerdekaan.

1. Lomba

Foto: beritagar.id

Gegap gempitanya hari kemerdekaan tentu tak lepas dari lomba. Hampir di semua lingkungan mengadakan kegiatan ini. Mulai dari sekolah, kantor, dan kampung. Bahkan, berbagai lomba jarak jauh pun semakin semarak di dunia maya. Pesertanya enggak cuma kamu dan anak-anak.

Mereka yang sudah seumur negara Indonesia pun enggak mau ketinggalan ikut serta dalam berbagai perlombaan. Jenis lombanya pun enggak selalu kompetisi dengan kekuatan fisik, kok. Karena banyak lomba yang melibatkan ide dan pemikiran dalam wujud karya tulisan, gambar, atau kreativitas lainnya. Jadi, sempatkan kamu ikut meramaikan dan tetap junjung sportivitas, ya, Takaiters.

2. Bendera

Foto: beritabaik.id

Enggak setiap hari Takaiters pasang bendera di depan rumah, kan? Selama bulan kemerdekaan, setiap rumah tinggal dihimbau agar memasang Bendera Merah Putih. Bahkan umbul-umbul merah putih dan bendera hias sukarela dipasang sepanjang jalan kampung dan protokol. Selain menjadi pemandangan spesial, hal ini bisa bikin perasaan Takaiters tambah bangga jadi bangsa Indonesia, lo.

3. Tirakatan

Foto: koranmemo.com

Bangsa Indonesia yang terkenal dengan keramahannya pun mempunyai ciri khas dalam menyambut hari kemerdekaan. Malam tanggal 16 Agustus hampir semua lingkungan tempat tinggal mengadakan tirakatan. Tirakatan diambil dari kata tirakat yang artinya bertapa atau menahan hawa nafsu. Biasanya diiringi dengan doa dan permohonan kepada Tuhan. Dalam hal kemerdekaan, tirakatan dimaksudkan bersyukur atas kemerdekaan yang telah diperjuangkan pahlawan dan berdoa untuk kebaikan dan kemajuan bangsa Indonesia.

4. Tumpeng

Foto: idntimes.com

Tumpeng adalah penyajian nasi dalam bentuk kerucut dan beberapa jenis lauk pauk dan sayur ditata mengelilingi tumpeng pada tampah yang telah dilapisi daun pisang. Tumpeng biasa dibuat khusus dalam perayaan spesial seperti saat merayakan ulang tahun atau juga kemerdekaan Indonesia.

5. Upacara Bendera

Foto: fabelio.com

Takaiters, sudahkah kamu mengikuti upacara bendera di tahun ini? Yuk, sempatkan mengikuti upacara bendera dalam rangka kemerdekaan Republik Indonesia! Setiap sekolah atau kantor akan mengadakan upacara, namun jika tidak kamu bisa minta izin mengikuti di beberapa kantor pemerintahan setempat.

Buat kamu yang masih juga belum bisa bergabung di lapangan untuk mengikuti upacara bendera, televisi bisa menjadi sarana bagi kamu ikut merasakan upacara yang disiarkan secara langsung dari Istana Merdeka Jakarta. Rencanakan dari sekarang, ya, Takaiters!

So, Takaiters, tentukan kesertaanmu merayakan kemerdekaan Indonesia! Merdeka!!