Halo, Takaiters!

Sering mendengar istilah skincare, tetapi masih awam dan salah kaprah. Hal pertama yang harus menjadi catatan adalah skincare tidak sama dengan make up. Skincare merupakan produk yang diciptakan khusus untuk merawat kulit, seperti sabun pencuci wajah, toner, dan serum. Jelas berbeda dengan make up yang terdiri atas foundation, blush on, lisptik, eyeshadow, eyeliner, dan lainnya.

Lalu, apa saja yang harus diperhatikan bagi pemula yang ingin memilih dan menggunakan skincare untuk kulit wajahnya.

Berikut 5 hal basic yang harus diperhatikan saat memilih skincare.

1. Wajib Tahu Jenis Kulit

 

Foto: adnacristinabeauty.co.uk

Takaiters, hal pertama dan paling penting adalah kamu harus tahu jenis kulit, apakah termasuk kulit normal, kering, berminyak, kombinasi, atau mungkin sensitif. Untuk mengetahuinya, kamu bisa berselancar di dunia maya mencari informasi sebanyak-banyaknya. Jika memiliki dana lebih, kamu bisa langsung ke dokter kulit untuk berkonsultasi.

2. Pilih Skincare yang Aman dan Terdaftar Di BPOM

Foto: cosmeticsurgerymontreal.ca

Takaiters, tidak semua produk yang belum terdaftar BPOM berbahaya, tetapi alangkah baiknya jika sejak awal memilih skincare yang akan digunakan, kamu memilih produk yang lulus uji BPOM. Tentu saja hal ini dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Untuk beberapa produk yang telah terdaftar pun harus tetap hati-hati, jangan sampai BPOM yang terdaftar palsu. Melakukan riset dan mencari informasi sebanyak-banyaknya adalah langkah terbaik. Tidak hanya tergoda dengan iklan hasil yang cepat dan harga yang murah, serta promosi yang dilakukan oleh para selebgram.

3. Pahami Komposisi Produk

Foto: .thecharmingsnarker.com

Dengan memahami komposisi yang terkandung pada produk skincare maka akan meminimalisasi terjadinya iritasi dan alergi. Misal, untuk jenis kulit berminyak disarankan untuk menghindari produk oil-based.

Sementara itu, untuk jenis kulit kering disarankan untuk menghindari produk dengan kandungan alkohol, serta kulit sensitif disarankan untuk menghindari produk dengan pewangi dan juga alkohol. Untuk jenis kulit normal relatif mudah dalam memilih skincare.

Jika saat pemakaian terjadi iritasi dan alergi, seperti kulit menjadi merah, sebaiknya hentikan dan konsultasikan pada dokter.

4. Budget yang Dimiliki

Foto: pexels.com

Sesuai dengan namanya, skincare, maka akan digunakan dalam jangka waktu panjang. Sangat penting untuk menyesuaikan dengan kondisi budget yang dimiliki. Jangan sampai dengan alasan skincare ini bagus dan cocok, tetapi memiliki harga yang mahal, akhirnya memaksakan diri untuk membelinya.

Pembelian pertama dan kedua masih aman, tetapi untuk ketiga kali dan seterusnya harus merelakan uang tabungan, bahkan sedihnya gaji pun tidak meng-cover untuk pembelian skincare. Terpakasa memangkas pengeluaran rutin yang benar-benar wajib. Daripada ending-nya menyedihkan begini, pilihlah skincare yang aman, cocok di kulit dan ramah di budget.

5. Tanggal Expired

Foto: youtube.com

Sepele, tetapi tidak dapat disepelekan. Skincare yang sudah expired tentu akan memberikan efek buruk tidak hanya bagi kulit, tetapi juga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Bukan hanya expired secara tanggal maksimal penggunaan, tetapi juga expired sejak pertama kali dibuka. Beberapa produk skincare memiliki masa expired 6 hingga 12 bulan sejak pertama kali dibuka. Penting untuk memperhatikan dan membaca aturan pemakaian dengan jeli agar tidak salah dan menyesal.

Takaiters, dalam memilih sesuatu hal, butuh pertimbangan dan riset, tidak bisa asal-asalan, termasuk untuk skincare. Jika salah pilih maka kulit dan kesehatan yang akan menjadi taruhannya. Harapan untuk tampil cantik pun melayang.

Semoga artikel ini bermanfaat, Takaiters.