Halo, Takaiters!

Indonesia memiliki keindahan alam yang tidak diragukan lagi. Selain masyarakatnya yang berasal dari beragam suku, pemandangan alam yang indah juga menjadi salah satu kebanggaan Indonesia di mata dunia.

Keindahan alam Indonesia ini juga menjadi latar beberapa film yang diproduksi sehingga bisa jadi ajang pengenalan alam Indonesia. Hal ini juga membuat kebanggaan tersendiri bagi kita sebagai masyarakat Indonesia. Beberapa film yang mengambil latar keindahan alam Nusantara tersebut di antaranya adalah:

1. Laskar Pelangi

Foto: antarafoto.com

Film ini diangkat dari novel karya Andrea Hirata berjudul “Laskar Pelangi”. Tidak hanya menceritakan tentang perjuangan anak-anak di Desa Gantong Belitung, tetapi juga memperkenalkan pesona Belitung yang menawan.

Setelah film ini diputar pada 2018 lalu, pariwisata Belitung menjadi naik daun. Film ini menampilkan pesona Belitung dengan laut yang jernih membiru dengan bebatuan granit raksasa. Laskar pelangi juga diabadikan menjadi nama jalan di Belitung karena film ini yang begitu luar biasa. Di Belitung sendiri, kamu bisa datang ke Pantai Tanjung Tinggi dan juga Museum Kata milik Andrea Hirata yang merupakan museum sastra pertama di Indonesia.

2. 5 cm

Foto: wiranurmansyah.com

Film ini menggambarkan perjuangan enam orang anak muda yang berusaha mendaki puncak tertinggi di Pulau Jawa, yaitu Gunung Semeru. Film yang disutradarai Rizal Mantovani ini menampilkan beberapa keindahan alam di wilayah tersebut, seperti Oro-oro Ombo, Ranu Kumbolo, dan Ranu Pane yang diperlihatkan secara detail.

3. Susah Sinyal

Foto: kincir.com

Film drama komedi garapan Ernest Prakasa ini bercerita tentang hubungan yang renggang antara seorang ibu single dengan anak perempuannya. Film ini mengambil Sumba sebagai lokasi syutingnya. Lokasi yang ditampilkan dalam film itu di antaranya Bukit Tenau yang luas dan berundak-undak, Air Terjun Tanggedu yang indah dan dikelilingi bebatuan, hingga Pantai Walakiri yang terkenal karena keindahan sunset dan pohon bakaunya yang kerdil.

4. Di Timur Matahari

Foto: kincir.com

Film ini menceritakan tentang anak-anak yang bersemangat menuntut ilmu di tengah keterbatasan, hampir serupa dengan film “Laskar Pelangi”. Selain itu, film ini juga menggambarkan budaya masyarakat sekitar, biaya dan cara hidup, hingga pertikaian antar suku. Film yang mengambil lokasi syuting di Tiom, Kab. Lani Jaya, kamu akan melihat indahnya alam Papua yang eksotis dan masih alami.

5. Banda The Dark Forgotten Trail

Foto: kumparan.com

Ini merupakan sebuah film dokumenter yang menceritakan sejarah jalur rempah dunia di Banda Neira sebagai penghasil rempah, terutama pala. Banda Neira adalah sebuah pulau yang terletak di Kepulauan Banda, Maluku. Dulu, harga pala lebih mahal daripada emas sehingga Banda Neira diperebutkan oleh Belanda dan Inggris. Di sini kamu bisa melihat bangunan bergaya klasik khas kolonial dan juga kekayaan bawah lautnya yang menawan, mulai dari ragam ikan laut hingga terumbu karang.

Itulah 5 Film yang menampilkan keindahan alam Indonesia, Guys. Kamu sudah nonton film yang mana? Semoga saja dengan menonton film-film tersebut, kita semua bisa semakin bangga menjadi warga negara Indonesia karena keindahan alamnya yang luar biasa.