Hai, Takaiters!

Tanggal 17 Agustus adalah tanggal paling bersejarah bagi masyarakat Indonesia karena tanggal tersebut merupakan hari di mana naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia dibacakan. Setiap bulan Agustus rakyat Indoneaia pasti akan berlomba-lomba untuk merayakan ulang tahun kemerdekaannya. Tepat 17 Agustus 2019 nanti rakyat Indonesia merayakan kemerdekaan yang ke-74.

Ternyata di balik proklamasi kemerdekaan ada beberapa fakta unik, lo, Guys. Kamu sudah pernah dengar apa belum? Yuk, simak beberapa fakta unik di balik proklamasi kemerdekaan!

1. Pada waktu Membacakan Teks Proklamasi Ir.Soekarno Sedang dalam Kondisi Kurang Fit

Foto: goodnewsfromindonesia.com

Pada saat membacakan teks proklamasi di hadapan rakyat Indonesia untuk pertama kalinya, ternyata Presiden pertama kita, Ir.Soekarno, diketahui sedang sakit, lo, Guys.

2. Naskah Proklamasi Dibuang ke Tong Sampah

Foto: simomot.com

Naskah asli Proklamasi yang ditulis tangan oleh Ir.Sorkarno dan didikte oleh Drs.Moh Hatta, setelah diketik dan disalin oleh Sayuti Melik, ternyata tidak dijadikan arsip Negara saat itu, tetapi tulisan tangan itu langsung dibuang ke tong sampah dirumah Laksamana Maeda, 17 Agustus 1945 pada dini hari. Beruntung Seorang Wartawan BM, saat itu memungut naskah tersebut, lalu dibawa dan disimpan dengan baik. Pada 29 Mei 1992 dia menyerahkan arsip tersebut kepada Presiden Suharto, setelah disimpan selama 46 tahun, 9 bulan, 19 hari.

3. Upacada 17 Agustus 1945 Dilakukan secara Sederhana

Foto: bandung.merdeka.com

Upacara Proklamasi Kemerdekaan berlangsung sangat sederhana. tanpa Protocol, tanpa iringan musik, tanpa konduktor, dan lain-lain. Tiang Bendera dari batang bambu, serta di tancapkan beberapa saat ketika upacara akan di mulai. Bahkan ada yang bilang bahwa, katrol untuk mengerek Bendera dibuat dari cawan bekas sahur Bung Hatta.

4. Suara Ir.Soekarno yang Sering Didengarkan Direkam di Studio RRI

Foto: seniorkampus.blogspot.com

Suara rekaman Ir.Soearno yang sering diputar ulang oleh media setiap moment 17 an, adalah suara asli Ir.Soekarno, namun bukan saat real time ketika 17 agustus 1945, tetapi rekaman suara beliau setelah menjabat sebagai Presiden pertama Republik Indonesia. Dikutip dari laman Tribunnews Banjarmasin, suara asli Soekarno tersebut direkam pada tahun 1951 di studio Radio Republik Indonesia (RRI), yang sekarang bertempat di Jalan Medan Merdeka Barat 4-5 – Jakarta Pusat.

5. Cerita Revolusi Kemerdekaan Diangkat Menjadi Film

Foto: merahputih.com

Judul pidato 17 Agustus 1945, “Tahun Vivere Perilocoso” yang berarti Tahun yang Penuh Bahaya sempat menjadi judul sebuah film, The Year of Living Dangerously. Film tersebut dibintangi oleh Mel Gibson. Menceritakan tentang pengalaman seorang wartawan asing di Indonesia pada tahun 60-an.

Demikianlah beberapa fakta unik di balik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia, Takaiters.  Menurut kamu hal mana yang paling unik?