Hai, Takaiters!

Sekali merdeka tetap merdeka!
Pada hari ini, tanggal 17 Agustus 2019, negara Indonesia kita tercinta merayakan ulang tahun yang ke-74. Berbagai persiapan seperti upacara, perlombaan dan acara-acara lainnya siap digelar.

Dalam upacara peringatan kemerdekaan Indonesia, sang saka Merah Putih akan dikibarkan oleh Pasukan Pengibar Bendera (Paskibraka) yang akan diiringi dengan lagu kebangsaan Indonesia, yaitu ‘Indonesia Raya’ yang diciptakan oleh W.R. Soepratman.

Tahukah kamu, Guys, fakta menarik Sang Saka Merah Putih, bendera negara Indonesia kita tercinta? Yuk, kita simak ulasannya.

1. Arti warna Merah dan Putih

Foto: brilio.net

Bendera negara Indonesia terdiri dari dua warna, yaitu warna merah diatas dan warna putih dibawah. Merah melambangkan kemerdekaan dan putih melambangkan kesucian.

Selainitu, terdapat arti lain yaitu merah melambangkan raga dan putih melambangkan jiwa. Jiwa dan raga yang sehat sangat penting dalam diri manusia.

2. Didesain Berdasarkan Bendera Majapahit

Foto: dongengarkeologi.wordpress.com

Desain bendera dibuat berdasarkan bendera Majapahit pada abad ke-13.Yang mempunyai sembilan garis merah dan putih.

3. Bendera yang Dijahit dengan Tangan

Foto: nasional.kompas.com

Bendera yang pertama kali dikibarkan pada tanggal 17 Agustus 1945, adalah bendera yang dijahit menggunakan tangan oleh Fatmawati istri Soekarno. Yang bertindak sebagai pengibar bendera saat itu adalah Latief Hendraningrat, Soehoed Sastro Koesoemo, dan SK Trimurti.

Bertempatdi Jalan Pegangsaan Timur Nomor 56 Jakarta Pusat, yang merupakan rumah Soekarno. Bendera tersebut kini dikenal dengan bendera pusaka dan disimpan di Monumen Nasional (Monas).

4. Pasukan Pengibar Bendera (Paskibraka)

Upacara kemerdekaan Indonesia
Foto: tribunnews.com

Dalam setiap upacara, baik di acara peringatan kemerdekaan, upacara hari Senin yang dilaksanakan di instansi pemerintahan ataupun sekolah, Pasukan Pengibar Bendera selalu ada untuk mengibarkan bendera. Yang lebih istimewanya lagi, Paskibraka yang bertugas mengibarkan bendera pusaka yang selalu dilaksanakan pada saat memperingati hari kemerdekaan negara Indonesia setiap tanggal 17 Agustus setiap tahun di Istana Negara bersama Presiden.

Untuk bisa menjadi Paskibraka di Istana Negara tidaklah mudah, harus melalui seleksi yang ketat.

5.Terciptanya Lagu sebagai Wujud Kebanggaan

Foto: cintanegeri.com

Sebagai wujud kebanggaan bangsa Indonesia mempunyai sang saka Merah Putih, terciptalah lagu ‘Berkibarlah Benderaku’ yang diciptakan oleh Ibu Sud. Gomloh menciptakan lagu ‘Gebyar-Gebyar’ dan kemudian grup band asal Bandung, yaitu Cokelat dengan ‘Bendera’.

Nah, Guys. Itulah fakta menarik mengenai bendera negara Indonesia, Sang Saka Merah Putih yang terus berkibar di langit yang tinggi. Jayalah terus Indonesiaku.