Halo, Takaiters!

Weekend selalu jadi saat yang paling ditunggu-tunggu, betul kan? Setelah dari hari Senin sampai Jumat, bahkan ada yang sampai Sabtu bertemu dengan aktivitas yang itu-itu melulu, tiba-tiba hari ini sudah weekend lagi. Wuah … rasanya bahagia sampai ke ubun-ubun.

Sejak semalam, seabrek agenda sudah dicatat. Dari mulai habis subuh tidur lagi, agak siangan pergi ke salon langganan untuk menyegarkan muka yang sudah mulai lusuh, sampai agenda travelling bareng sahabat kalau dompet masih penuh.

Nah, ngomong-ngomong tentang travelling, saya punya usulan destinasi wisata yang dijamin kamu pasti suka. Apalagi bagi kamu yang suka banget travelling ke daerah yang ‘suejuk-suejuk’.

Ada 5 destinasi wisata pantai, danau, dan air terjun berlokasi di Ciamis-Pangandaran yang layak masuk daftar lokasi travelling kamu. Penasaran? Yuk, kita intip bersama-sama

1. Pantai Pangandaran

Foto: royalpariwisata.com

Ditempuh sekitar 5-6 jam perjalanan dari Bandung, semenanjung cantik Pantai Pangandaran memiliki sejumlah gua-gua alami yang dapat kamu telusuri bersama sahabat. Setelah itu, kamu bisa puas bermain air di sekitar pantai atau menyewa perahu untuk menikmati panorama dari tengah lautan. Capek berpetualang? Saatnya lidah kamu dimanjakan dengan sajian kuliner khas laut seperti ikan segar, kepiting, cumi-cumi, udang, dan lain-lain. Asyik bukan?

2. Pantai Karapyak

Foto: wisatapriangan.co.id

Berangkat dari kota Tasikmalaya dengan waktu tempuh 2-3 jam, kamu sudah sampai di lokasi pantai yang memiliki kelebihan pada pesona pantainya saat surut ini. Cangkang kerang dan hewan moluska lainnya berserakan di sepanjang pantai, bisa kamu olah menjadi aksesoris-aksesoris cantik. Bila suka, kamu juga bisa menangkap ikan-ikan hias yang berenang di antara batu karang. Semuanya tidak dilarang. Wah, jadi ingin nyoba nih, seperti apa ya, rasanya nangkap ikan hias langsung di habitat aslinya?

Pilihan Editor

3. Pantai Batu Karas

Foto: swaragapura.com

Guys, apakah kamu suka main zet ski, banana boat, atau naik kereta kuda di tepi pantai? Pantai Batu Karas layak kamu kunjungi. Berlokasi di Desa Batu Karas, Cijulang, lokasi ini dapat ditempuh kurang lebih 2 jam dari kota Ciamis. Beberapa wisatawan juga memanfaatkan ombaknya untuk berselancar. Tersedia pula tempat penyewaan alat-alat selancar. So, keasyikan mana yang ingin kamu coba lebih dulu? Datang dan buktikan.

4. Situ Lengkong Panjalu

Foto: sparklepush.com

Situ Lengkong Panjalu merupakan danau yang sekelilingnya dipenuhi tumbuh-tumbuhan. Terletak di Ciamis bagian utara, objek wisata ini ditetapkan pemerintah sebagai daerah cagar alam.

Menurut sejarah, Situ Lengkong dahulu merupakan pusat Kerajaan Panjalu Ciamis. Tidak jauh dari lokasi Situ Lengkong, ada museum Bumi Alit. Di dalamnya terdapat benda-benda peninggalan raja. O iya, di sini juga disediakan perahu mesin yang bisa kamu sewa loh, jika kamu ingin berkeliling mengitari danau dan melihat banyak kelelawar yang sedang menggelantung di pohon.

5. Curug Tujuh

Foto: tamasyaholiday.net

Sesuai namanya, Curug Tujuh terdiri dari 7 curug (air terjun) yang bertingkat-tingkat.  Daya tarik objek wisata ini mutlak pada ketujuh curugnya. Bagi yang hobi bertualang, Curug Tujuh cocok menjadi salah satu tujuan. Hal ini disebabkan, untuk menuju ke tempatnya diperlukan kerja keras mendaki bukit. Eits, tapi jangan khawatir, karena sepanjang perjalanan, kamu akan disuguhi pemandangan indah pohon pinus. Dan begitu sampai di lokasi curug, byur…kulit kamu bisa langsung bersentuhan dengan segarnya mata air pegunungan.

Bagaimana, Takaiters? Apakah kamu tertarik mengunjungi salah satunya? Atau malah ingin pergi ke semuanya? Tidak masalah, semua sah-sah saja kamu lakukan. Happy weekend!