Halo Takaiters,

Halo, Guys, kamu sudah tahu kan, kalau kemarin pada tanggal 19 Februari telah terjadi letusan Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Gunung Sinabung yang tingginya 2.460 meter itu meletus hebat pada pukul 08.53 WIB.

Biasanya erupsi Gunung Sinabung jarang menghasilkan luncuran awan panas, loh, Guys. Namun kali ini, Guys, luncuran awan panas tersebut mencapai 5 kilometer. Erupsi Gunung Sinabung itu juga disertai suara dentuman yang sangat kuat, sehingga terdengar hingga ke  pos pengamatan Gunung Sinabung.

Pada ulasan berikut Takaitu akan memberikan beberapa dampak yang diakibatkan meletusnya Gunung Sinabung. Apa sajakah itu? Yuk intip disini!

1. Gelap Gulita

fakta gunung sinabung meletus
Foto : antara

Erupsi Gunung Sinabung menghasilkan  gumpalan awan panas yang menghalangi sinar matahari. Akibatnya sejumlah desa menjadi gelap gulita karena tertutup abu vulkanik, loh, Guys. Beberapa desa di kaki Gunung Sinabung yang mengalami gelap gulita yaitu, Desa Sigarang-garang, Desa Payung, Selandi Baru dan Lau Kawar.

2. Terjadinya Gempa

fakta gunung sinabung meletus
Foto : saibumi.com

Menurut Sutopo Purwo Nugroho yang bekerja sebagai Humas Badan Penanggulangan Bencana Daerah BPBD) pada saat erupsi, juga terjadi gempa. Mulai pukul 06.00 WIB hingga 12.00 WIB telah berlangsung 1 kali gempa letusan selama 607 detik. Kemudian 14 kali gempa guguran, 5 kali gempa hembusan, 1 kali gempa low frekuensi dan 5 kali gempa vulkanik dalam.

Pilihan Editor



3. Peristiwa Hujan Batu

fakta gunung sinabung meletus
Foto : viva.co.id

Selain abu vulkanik dan gempa, letusan Gunung Sinabung juga mengeluarkan hujan batu, loh, Guys. Bebatuan kecil masih meluncur dari perut Sinabung dan menghujani 5 kecamatan. Namun, hingga pukul 10.00 hujan kerikil kecil masih terjadi di 2 desa yaitu Desa Kuta Mbaru dan Kuta Rakyat. Hujan kerikil tersebut menyebabkan sebagian besar warga keluar dari desa untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

4. Alat Ukur Pusat Vulkanologi Sempat Error

fakta gunung sinabung meletus
Foto : republika

Erupsi Gunung Sinabung yang sangat tinggi, memunculkan awan panas hingga 5.000 meter lebih. Peristiwa ini mengakibatkan alat ukur Pusat Vulkanologi sempat error loh, Guys.

5. Abu Gunung Sinabung Capai Aceh

fakta gunung sinabung meletus
Foto : tribunnews

Debu vulkanik akibat erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara telah mencemari udara di Kabupaten Aceh Tenggara. Erupsi Gunung Sinabung telah menyebar hingga beberapa wilayah di Aceh akibat terbawa angin.

Gimana, Guys, menurut kamu letusan Gunung Sinabung itu? Dahsyat kan?