Halo, Takaiters!

Hari raya Iduladha (10 Zulhijah) akan jatuh pada hari Minggu, tanggal 11 Agustus 2019. Kamu pasti sudah bersiap menyambutnya.

Guys, sudah tahu kan amalan yang dianjurkan pada hari itu dan juga pada hari-hari Tasyrik. Oh ya, kamu tahu kan hari Tasysrik? Yup, hari Tasyrik (11, 12, dan 13 Zulhijah) adalah hari di mana para jamaah haji melaksanakan ritual melempar jamrah, sedangkan umat Islam di negeri lain menyembelih hewan kurban.

Allah memuliakan hari raya Iduladha dan juga hari Tasyrik. Di hari-hari itu terdapat  banyak keutamaan, sehingga Allah memerintahkan untuk melakukan amalan-amalan pada hari itu. Yuk, Guys, Simak amalan-amalan utama yang bisa kamu lakukan di hari-hari Tasyrik!

1. Memperbanyak Zikir

Foto: mediaindonesia.com

Hari Tasyrik adalah hari berzikir. Oleh karenanya, kamu dianjurkan untuk memperbanyak zikir atau mengingat Allah. zikir  itu meliputi  takbir (Allahu Akbar), tahlil (laa ilaha ilallah), tahmid (alhamdulillah). Kamu bisa melakukannya kapan pun dan di mana pun. Tapi, ada waktu-waktu yang terbaik untuk memperbanyak zikir, yaitu setelah salat wajib.

2. Membaca Tasmiyah dan Takbir ketika Menyembelih Hewan Kurban

Foto: youtube.com

Menyembelih hewan kurban disyariatkan pada hari raya Iduladha. Dimulai dari setelah salat Iduladha dan 3 hari kemudian yaitu pada hari Tasyrik (11, 12, dan 13 Zuhijah). Jangan lupa membaca tasmiyah (bismillah) dan takbir, ya, Guys!

3. Menyantap Makanan dan Minuman

Foto: inibaru.id

Allah melarang umat Islam berpuasa pada hari raya dan hari Tasyrik. Oleh karenanya,  umat Islam pada hari tersebut dianjurkan menyantap makanan dan minuman. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan, bahwa Iduladha dan hari Tasyrik adalah hari kaum muslimin untuk menikmati makanan.

4. Memperbanyak Doa

Amalan di hari Tasryik
Foto: idntimes.com

Di antara amalan utama yang dilakukan di hari Tasyrik adalah memperbanyak doa. Doa yang paling dianjurkan ketika hari itu adalah doa ‘sapu jagad’ yang bunyinya: “Robbana aatina fid dunya hasanah wa fil akhiroti hasanah wa qina ‘adzaban naar” Dalam doa tersebut terkumpul di dalamnya seluruh kebaikan, Guys. Jadi, jangan kamu lewatkan amalan ini!

5. Berzikir dan Bertakbir ketika Melempar Jamrah

Foto: aa.com.tr

Amalan ini khusus untuk mereka yang melaksanakan ibadah haji. Ketika ritual ini, para jamaah haji dianjurkan untuk berzikir dan bertakbir ketika melempar jamrah.

Nah, itu dia, Guys,  amalan-amalan yang bisa kamu lakukan di hari raya dan juga hari Tasyrik. Selamat hari raya Idhuladha, Guys, semoga amal ibadah kita diterima Allah ta’ala.