Hai Takaiters!

Apakah kamu suka berjalan kaki? Berjalan kaki itu sehat, lo, karena berjalan kaki selama 30 menit dapat membakar sekitar 150 – 200 kalori. Namun, berjalan kaki sendirian dan dilakukan di jalur jalan kaki pasti terasa membosankan, ya, Guys. Nah, daripada bosan jalan kaki sendirian, kamu bisa, lo, jalan kaki bersama-sama dengan gengmu sekaligus ‘having fun’ dengan aktivitas berikut ini.

Hiking

Foto: unsplash.com

Hiking berasal dari kata to hike yang artinya berjalan kaki atau berbaris jauh untuk kesenangan atau latihan (olah raga). Hiking berbeda dari jalan kaki biasa karena biasanya dilakukan berkelompok dan mengandung unsur permainan, petualangan, dan romantika kehidupan.

Kamu sebaiknya memilih lokasi dan rute perjalanan dengan panorama yang indah. Jangan khawatir, ya, Guys, karena jalur hiking biasanya sudah dibuat, bahkan kadang ada tanda penunjuk arah atau spot  wisata yang sudah dibangun.

Pilihlah  perjalanan yang tidak terlalu lama dan tidak lebih dari satu hari. Biar makin seru selama perjalanan kamu bisa menyelipkan permainan tertentu untuk lebih mengenal tumbuhan, binatang atau unsur alam lainnya.

Tracking

Foto: unsplash.com

 Buat yang suka perjalanan penuh tantangan, kamu bisa mencoba tracking bersama teman-temanmu. Untuk melakukan perjalanan yang satu ini, kamu memerlukan orang-orang yang ahli dalam memetakan wilayah, mengenali jalur dan menghadapi topografi yang berat. Jika teman-temanmu tidak ada yang memiliki keahlian ini, jangan coba-coba, ya, karena tracking sangat berbahaya jika tidak didampingi ahlinya.

Tracking biasanya dilakukan di daerah yang belum memiliki sarana transportasi, jalurnya belum dipetakan dan lingkungannya  menantang misalnya berbukit atau pegunungan. Tracking juga memerlukan lebih banyak biaya karena kamu harus menyiapkan bekal makan, minum, pakaian, dan perbekalan lain selama berhari-hari bahkan berminggu-minggu. Kamu akan menemui jalur yang panjang dan memerlukan perjuangan dalam menghadapi bentuk topografi tertentu sampai ditemukan jalur baru.

Mountaineering

Foto: pexels.com

Berjalan kaki yang lebih menantang adalah mountaineering. Mountaineering adalah kegiatan mendaki gunung yang sebenarnya terdiri dari tiga tahap kegiatan, yaitu hill walking yaitu perjalanan pendakian bukit-bukit yang landai, tidak mempergunakan peralatan dan teknis pendakian. Kemudian tahap scrambling yaitu pendakian pada tebing batu yang tidak terlalu terjal, di mana tangan digunakan sebagai keseimbangan. Yang ketiga climbing yaitu pendakian yang membutuhkan penguasaan teknik pendakian.

Jika kamu berniat mengikuti kegiatan mountaineering, sebaiknya kamu berlatih dan bergabung dalam klub mountaineering terlebih dahulu, Guys. Kegiatan yang satu ini tidak bisa dilakukan secara serta merta dan bermodal nekad saja karena nyawa bisa menjadi taruhannya. Para peserta baru akan diikutkan dalam pelatihan intens baik secara teknis maupun mental, sehingga memerlukan waktu yang agak lama sampai diperbolehkan mengikuti kegiatan mountaineering.

Long march

Foto: unsplah.com

Buat kamu yang suka berorganisasi, misalnya Pramuka, pasti tidak asing dengan istilah ini. Long march merupakan perjalanan jarak jauh yang dilakukan sambil berjalan kaki dengan tujuan tertentu. Biasanya dilakukan dengan lebih serius meskipun ada kesenangan didalamnya saat melihat pemandangan dan medan yang dilewati.

Long march pada umumnya bertujuan menciptakan jiwa muda yang mandiri, bersemangat, berani, sehat dan tidak mudah putus asa. Dalam perjalanan long march kadang dilakukan ujian   secara bertahap sesuai tujuan long march itu sendiri. Meskipun dilakukan secara berkelompok, tiap individu dituntut memiliki strategi dan target masing-masing untuk mencapai finish.

Long march ini juga sering dilakukan oleh angkatan bersenjata , lo, Guys, tentu tujuannya untuk melatih kekuatan, disiplin, kemampuan survival, dan kemampuan lain yang dibutuhkan.

Napak Tilas

Fpto: unsplash.com

Guys, kamu pernah mendengan istilah jasmerah ‘kan. ya? Jangan sampai melupakan sejarah bahwa kemerdekaan bangsa kita saat ini diperjuangkan oleh para pahlawan terdahulu.  Nah ternyata ada  aktivitas berjalan kaki yang terkait dengan sejarah yaitu napak tilas. Aktivitas yang satu ini dilakukan dengan menelusuri jalan yang pernah dilalui seseorang, pasukan, dan sebagainya untuk mengenang perjalanan pada masa perang dan atau sejarah masa lalu.

Tujuannya tentu saja mendidik generasi muda untuk mengingat, meneruskan, dan mewariskan nilai-nilai perjuangan para pahlawan. Napak tilas ini biasanya diinisiasi oleh organisasi tertentu dan ditawarkan kepada khalayak. Kalau kamu berminat mengikutinya, kamu harus rajin mencari tahu kapan dan di mana napak tilas akan dilakukan. Kuncinya adalah pusatkan perhatianmu pada hari  besar yang memuat nilai-nilai kepahlawanan.

Nah, Takaiters, kamu siap menerima tantangan berjalan kaki jenis yang mana? Ada baiknya kamu mengukur kemampuan fisik, mental, dan financial sebelum melakukannya. Dan apapun pilihanmu, lakukan dengan perasaan senang, sehingga badan sehat dan jiwa kembali tercerahkan.