Hai, Takaiters!

Dalam hitungan hari,  kita akan merayakan Hari Raya Iduladha 1440 H, atau tepatnya jatuh pada tanggal 11 Agustus 2019. Wow, tentunya kamu sudah menyiapkan hewan kurban terbaik kamu untuk tahun ini, ya, Guys.

Lebaran Iduladha pasti identik dengan memakan hidangan lebaran khususnya daging kambing. Untuk kamu ketahui bahwa daging kambing memiliki beberapa manfaat, yaitu mengandung vitamin B yang berfungsi untuk membakar lemak, vitamin B12  yang penting untuk pembentukan darah dan fungsi otak, serta vitamin B3 atau niasin untuk mencegah risiko penyakit jantung. Selain itu, daging kambing juga merupakan sumber zat besi yang berguna untuk menghindari anemia serta  dapat mencegah kanker karena di dalam daging kambing mengandung selenium dan kolin.

Nah, supaya kamu tetap dapat manfaat dari daging kambing saat berlebaran, kamu bisa coba beberapa tips sehat mengonsumsi daging kambing ini. Yuk, simak 4 tips berikut ini:

1. Mengonsumsi Daging Kambing dengan Porsi Antara 60-100 Mg

Foto: grid.id

Porsi di atas kira-kira seukuran telapak tangan kamu tanpa jari-jari, itulah porsi terbaik mengonsumsi daging kambing. Untuk bagian yang paling baik dari daging kambing adalah bagian paha atas dan bahu, ya, Guys. Oya, mengapa harus dibatasi porsinya? Karena apapun jenis dagingnya, semua daging merah jika dikonsumsi secara berlebihan, akan secara bersama-sama berisiko meningkatkan tekanan darah dari penumpukan lemak jenuh dalam tubuh.

2. Hindari Bagian Lemak dan Jeroan

Foto: cookpad.com

Saat akan memasak daging kambing, potong sebanyak mungkin lemak atau gajihnya  Kemudian, jangan menggoreng daging karena akan menambah lebih banyak lemak, akan lebih baik memasaknya dengan cara dioven, dipanggang atau dibakar seperti dibuat sate atau kambing guling. Jangan lupa hindari juga mengonsumsi jeroan, karena ternyata jeroan memiliki kadar kolesterol 3x lebih tinggi dibandingkan lemak (gajih), lo, Guys.

3. Mengganti Penggunaan Santan dengan Susu

Foto: youtube.com

Sebenarnya yang menyebabkan meningkatnya kolesterol dalam tubuh bukan karena daging kambingnya, melainkan karena pengolahan memasaknya memakai santan. Untuk kamu ketahui, menurut American Heart Association, santan memang menjadikan masakan menjadi lezat, berlemak, dan gurih tetapi dapat menyebabkan meningkatnya kolesterol, penyempitan pembuluh darah serta memicu tekanan darah sehingga bisa mengalami penyakit kronis seperti diabetes dan jantung koroner.

So, olahan daging kambing yang menggunakan santan (seperti gulai, tongseng) bisa kamu ganti dengan susu (bisa susu kedelai, susu segar ataupun susu fermentasi), soal rasa jangan khawatir, tetap lezat, kok, Guys.

Mengombinasinya dengan Sayuran

Foto: merdeka.com

Mengolah daging kambing yang terbaik adalah dengan cara dimasak menjadi sop. Di dalam sop ini banyak sayuran yang kaya serat, vitamin, dan mineral untuk menemanimu saat memakan daging kambing. Jadi jangan cuma makan daging dan nasi saja, misalnya. Pastikan kamu juga menyeimbangkan nutrisi saat makan daging kambing.

So, Takaiters, 4 tips di atas bisa kamu coba untuk mengonsumsi daging kambing yang sehat saat berlebaran Iduladha nanti, ya. Selain kamu dapat manfaat daging kambing, dapat pula enaknya rasa daging kambing. Selamat mencoba dan selamat berlebaran Idul Adha yah Guys…..