Halo, Takaiters!

Sudahkah sarapan hari ini? Dihabiskan tidak ayo? Satu kebiasaan buruk orang Indonesia ialah suka membuang-buang makanan. Mengambil porsi sesuka hati akhirnya tidak dihabiskan lalu dibuang, sayang banget. Kamu tidak begitu ‘kan?

Apakah kamu tahu, bahwa rata-rata 13 ton makanan terbuang di Indonesia. Makanan seberat itu diperkirakan bisa memberi makan kira-kira sebanyak 28 juta orang! Fantastis sekali bukan?Menurut BPS 2015, jumlah ini setara dengan angka kemiskinan di Indonesia yang mencapai 11%. Mubazir banget, lo, Guys!

Kebiasaan membuang makanan itu tidak baik Guys. Simak tips-tipsnya!

Pahami Porsi Sendiri

gaya.tempo.co

Yang paling paham terhadap porsi makan kamu adalah diri kamu sendiri. Pastikan makan sesuai porsimu, ya, Guys! Jangan mengambil porsi berlebihan kecuali dimakan ramai-ramai. Atau ambil dengan porsi kecil terlebih dahulu baru ketika kurang bisa menambah lagi. Pasti makanan tidak akan tersisa.

Biasakan Memasak Makanan di Rumah

Foto: unsplash.com

Nah, memasak makanan sendiri di rumah itu lebih hemat, lo, Guys! Kamu bisa belanja bahan sendiri di warung atau pasar. Masak sesuai menu favorit dan dengan cita rasa favorit. Pasti akan habis. Ketika masak makanan sendiri pasti akan sayang  bila tidak dihabiskan. Jika belum terbiasa masak sendiri, mulailah dibiasakan, ya, Guys!

Berbagi Makanan dengan Teman

Foto: unsplash.com

Sekali-kali boleh lah, Guys untuk berbagi makanan dengan teman-teman. Pasti tidak akan bersisa apalagi ketika teman-teman kamu doyan makan semua. Wah, pasti asyik, deh, sekalian hangout dan menyambung silaturahmi gitu! Berbagi makanan tidak harus dengan jajan di kafe, bisa juga memasak bersama-sama. Atau buat semacam barbeque di belakang rumah. Pasti mengasyikkan!

Perbanyak Sedekah

Foto: jateng.tribunnews.com

Ini poin terpenting, ya, Guys! Ketika sering bersedekah dan kamu melihat orang yang tidak lebih beruntung, kamu pasti akan merasa bersyukur.  Kamu bisa memberikan makanan gratis kepada mereka. Beberapa rekan kamu sudah ada yang memulai dengan menyediakan makanan gratis pada hari tertentu. Semoga kita bisa menyusul, ya, Guys!

Itulah 4 tips agar makanan tidak terbuang mubazir yang bisa kamu terapkan, Guys. Semoga bermanfaat.