Hai, Takaiters!

Terkadang kita sudah mencoba membicarakan atau menghafal berjam-jam, tetapi belum paham juga dan berhasil belajar adalah hal yang tidak menyenangkan untuk membuat kita tertekan.

Ada beberapa faktor yang memengaruhi, salah satunya adalah gaya belajar yang kurang tepat. Berikut ini beberapa tips yang mungkin bisa Takaiters coba agar belajar menjadi lebih menyenangkan.

1. Kenali Gaya Belajar Terlebih Dahulu

foto: pexels.com

Ada beberapa gaya belajar dominan yang berbeda, ada orang-orang yang lebih senang belajar dengan mendengar yang disebut auditori. Ada juga yang lebih cepat paham jika menggunakan gambar mereka biasa disebut visual.

Tidak bisa duduk diam saat belajar bukan berarti dia tidak bisa membahas sesuatu dengan cepat, bisa jadi dia memiliki gaya belajar dominan di kinestetik. Gaya belajar analitik adalah gaya belajar yang membahas sesuatu dengan menelaah terlebih dahulu. Gaya belajarĀ terakhir adalah gaya belajar global, yaitu gaya belajar dengan cara memahami keseluruhan.

Nah, bagaimana dengan kamu? Kamu termasuk ke dalam mana yang, Guys?

2. Alat Bantu untuk Belajar

foto: pexels.com

Dengan gaya belajar berbeda berbeda memiliki alat bantu yang berbeda beda pula. Dengan gaya belajar auditori dapat menggunakan alat bantu berisi alat rekam dengan cara menjelaskan seluruh penjelasan, bisa mengulang penjelasannya sendiri atau menerjemahkan penjelsan guru.

Orang-orang yang memiliki gaya belajar visual dapat menggunakan mind map atau menggambar sesuai materi di buku tulis atau buku sketsa. Si kinestetik hanya butuh bergerak saat mereka belajar, bisa dengan cara berjalan sambil menghafal, bisa juga menggerakkan jarinya dengan apa pun yang ia pegang, bisa berupa pensil, bolpoin, atau alat tulis lainnya.

Sementara orang dengan gaya belajar analitik bisa menelaah dengan cara membuat tulisan-tulisan yang akan dikirim di telaah. Jangan lupakan gaya belajar global, alat bantu yang mereka butuhkan bisa dengan cara membuat teka-teki tersirat untuk mempermudah memahami atau menghafal sesuatu.

3. Mencari Teman yang Cocok untuk Belajar

foto: pexels.com

Tips selanjutnya adalah dengan cara belajar bersama teman-teman. Ada cara unik jika ingin belajar bersama, tetapi ada pula hal yang harus dipertimbangkan, yaitu:

  • Kenali atau diskusikan gaya belajar masing-masing.
  • Jika serupa maka bisa lebih nyambung, contoh: sesama visual bisa membuat satu saja mind map lalu digunakan untuk belajar bersama.
  • Jika berbeda dapat membantu dan saling membantu, contoh: ada yang auditori dan ada yang belajarnya dengan menjelaskan kembali apa yang telah dia tulis. Bisa saling membantu karena auditori bisa memahaminya hanya dengan duduk disebelahnya lalu mendengarkan dengan seksama.

4. Mencari Jam Efektif Belajar

foto: pexels.com

Ada jam belajar yang efektif di jam tertentu, ada beberapa jam belajar, yaitu:

  • Lama setelah mendapat penjelasan, bisa langsung megulangi dan belajar lebih dalam karena pembelajaran masih segar.
  • Tengah malam, ada beberapa orang yang lebih nyaman belajar di jam ini karena keadaan lebih sunyi, tetapi agar tidak kekurangan tidur bisa tidur sebelum tidur sambil menunggu tengah malam tiba dan belajar tidak boleh lama jika dirasa sudah cukup buat pakai untuk tidur kembali agar tidak mengurangi terlalu banyak jam tidur.
  • Dini hari, menurut beberapa orang jam inilah yang paling efektif dalam belajar karena selain sunyi jam ini juga saat di mana otak sedang dalam keadaan fresh.

Itulah tadi beberapa tips yang mungkin bisa membantu untuk kamu dalam mencerna dan menghafal pelajaran yang ada. Jangan lupa tetap semangat dalam mencari ilmu sebanyak-banyaknya. Selamat mencoba, Takaiters!