Halo, Takaiters!

Pernah membayangkan bagaimana kehidupanmu di masa tiga, lima hingga sepuluh tahun yang akan datang? Sesuatu hal yang terkadang bukan hanya dilupakan, tetapi juga diremehkan banyak orang. Prinsip ‘yang penting hari ini bahagia’ kerap membuat orang lupa akan kehidupan di masa yang akan datang. Bukan hanya bicara soal takdir yang sudah digariskan Tuhan, tetapi kehidupan kamu di masa yang akan akan datang juga bisa ditentukan oleh 4 hal utama berikut ini.

1. Makanan yang Dikonsumsi

Foto: medium.com

Guys, banyak yang berasumsi selagi muda bisa makan apa saja yang kamu suka. Toh kenyataannya ada banyak sekali makanan dan minuman yang bertebaran di mana-mana dengan variasi harga yang ramah di kantong . Mulai dari pilihan makan siang, makan malam, hingga camilan. Walaupun makanan dan minuman tersebut sebenarnya tidak sehat, tetapi enak di lidah. Mulai sekarang, berapa pun umurmu, jangan pernah menunda untuk memulai hidup sehat dan memilih segala sesuatu yang masuk ke mulut. Sehat itu bisa dimulai sedini mungkin layaknya sakit bisa terjadi diumur berapa pun.

Hindari junk food, makanan instan, makanan kemasan, serta minuman tinggi gula. Bila sulit melakukannya, mulailah dengan melakukan puasa. Tanamkan pada diri bahwa apa yang masuk ke dalam tubuh bisa berdampak panjang untuk kesehatan. Sekarang mungkin tidak terlalu terasa, tetapi lima tahun atau beberapa tahun ke depan sekawanan penyakit mulai menghampiri dan mengganggu produktivitas.

2. Kebiasaan dan Rutinitas

Foto: pexels.com

Takaiters, dari kecil orang tua kita selalu mengajarkan kebiasaan-kebiasaan baik, misal bangun di pagi hari lalu melakukan salat Subuh bagi yang beragama Islam, istirahat yang cukup, rajin membaca, hingga rajin berolahraga. Kebiasaan yang nantinya bisa menentukan masa depan kita. Apa jadinya jika kita terbiasa bangun siang, malas beribadah, sering tidur larut malam hanya karena bermain games dan malas berolahraga?

Kebiasaan yang juga memengaruh aktivitas dan rutinitas setiap hari. Seseorang yang terlahir dari keluarga yang kaya pun bisa hancur secara perlahan jika memiliki kebiasaan yang buruk. Apalagi jika terlahir dari keluarga sederhana yang butuh usaha dan kerja keras untuk mencapai tangga kesuksesan.

3. Mengelola Keuangan

Foto: medium.com

Mereka yang sukses di masa yang akan datang adalah mereka yang bijak dan pandai dalam mengelola keuangan. Mampu menyeimbangkan antara pemasukan, pengeluaran dan uang yang harus di-saving atau diinvestasikan. Juga, membedakan antara kebutuhan dan keinginan, serta tetap survive tanpa harus terbawa arus.

Takaiters, salah satu kunci kesuksesan adalah pintar dalam me-manage keuangan berapa pun penghasilan yang didapat. Jika penghasilan besar, pengeluaran lebih besar, maka tidak ada artinya. Namun, dengan penghasilan yang minim, tetapi mampu menyisihkan untuk investasi itu jauh lebih baik.

4. Lingkungan yang Baik

Foto: medium.com

Jika kamu bergaul dengan penjual minyak wangi, maka kamu pun akan menjadi wangi. Sebuah perumpamaan yang benar adanya. Jika kita ingin sukses, maka bergaulah dengan orang-orang sukses. Orang-orang yang mau bekerja keras tanpa saling menjatuhkan. Mendekatkan diri dengan orang-orang yang membawa kita ke arah kebaikan. Meski demikian, bukan berarti kita meng-ekslusif-kan diri. Kita harus tetap open minded dan menempatkan diri di mana pun kita berada.

Takaiters, waktu yang Tuhan berikan sangat berharga. Rugi jika kita habiskan bersama dengan orang yang salah dan tidak memiliki arah tujuan hidup. Juga orang yang memiliki sifat iri dan suka mengkritik. Untuk itu penting untuk memilih dan menempatkan diri di lingkungan yang baik dan mau maju bersama-sama.

Takaiters, waktu tiga tahun, lima tahun, atau bahkan sepuluh tahun bukanlah waktu yang lama tetapi juga bukan waktu yang sebentar. Semua tergantung bagaimana kita mengelolanya sehingga menjadi waktu yang berharga dan tidak untuk disesali. Jika di masa yang akan datang menginginkan kehidupan yang lebih baik, tidak ada salahnya mulai menertibkan diri dan instrospeksi diri.

Semoga keberuntungan di masa yang akan datang ada dipihakmu, Takaiters!