Hai, Takaiters!

Saat ini, sebagian besar hajatan liga di benua Eropa bahkan Asia telah dihentikan sementara. Penyebabnya, wabah Corona atau Covid-19 yang kian menggila penyebarannya. Liga-liga terkemuka dunia, seperti Liga Inggris, Liga Serie A Italia, La Liga Spanyol, dan Bundesliga Jerman, dihentikan sementara.

Terlebih setelah beberapa pemain yang merumput di beberapa klub Eropa positif terjangkit virus Corona, bahkan langkah serupa juga diikuti operator Liga 1 Indonesia. Mereka juga sementara menghentikan putaran kompetisi liga yang baru saja digulirkan. Alasannya sama, wabah virus Corona yang belum juga mereda. Padahal, dari lapangan hijau, ada banyak hiburan yang bisa dicatat.

Tak hanya aksi ciamik pemain hebat menggocek si kulit bundar atau gol cantik yang diceploskan para penyerang dan gelandang. Namun, banyak cerita dan segudang kisah dari dunia sepak bola, olahraga yang disebut paling populer sejagat raya. Pastinya, ajang Piala Dunia adalah magnet atau puncak dari segala dinamika sepak bola dunia.

Selain itu, dari piala dunia, ada banyak kisah yang menarik untuk dikenang kembali. Ada jutaan kisah, baik yang unik, gembira, lucu, sampai yang berderaikan air mata alias kisah sedih, bahkan tragedi.

Berikut 4 fakta unik dan menarik yang pernah terjadi di Piala Dunia dari masa ke masa yang dirangkum dari buku,” Kisah 1001 Fakta-fakta Unik Sepak bola,” yang ditulis Sashi (2012).

Jumlah Penonton Paling Sedikit di Piala Dunia

Foto: medcom.id

Tahun 1930, adalah tahun yang dicatat sejarah sebagai tahun digelarnya Piala Dunia untuk pertama kali. Digelar di Uruguay dan ada banyak cerita menarik saat Piala Dunia pertama ini digelar. Salah satunya adalah jumlah penonton atau suporter paling sedikit yang hadir nonton satu pertandingan.

Sejarah penonton paling sedikit di Piala Dunia 1930 terjadi saat Timnas Rumania melawan Peru. Penonton yang hadir di stadion ketika itu hanya 300 orang.

Penonton Terbanyak di Piala Dunia

Sumber foto: Detik.com

Jika Piala Dunia 1930 atau Piala Dunia pertama mencatat jumlah penonton paling minim, Piala Dunia 1950 justru memecahkan rekor soal jumlah penonton yang hadir menonton satu pertandingan. Rekornya, tentu bukan rekor penonton paling sedikit, tetapi rekor penonton terbanyak.

Rekor penonton terbanyak ini pecah saat digelar partai puncak alias final antara Timnas Brazil lawan Uruguay di Stadion Maracana. Ketika itu, stadion yang berkapasitas 200 ribu penonton itu penuh sesak. Ada yang mencatat penonton yang hadir ketika itu sebanyak 174 ribu. Namun, ada juga yang mencatat, penonton ketika itu mencapai 200 ribuan orang.  Ketika itu, yang jadi juara adalah Uruguay.

Hanya Tiga Stadion di Piala Dunia

Sumber foto: Apnews.com

Saat ini, jika menggelar hajatan Piala Dunia, negara yang menjadi tuan rumah harus membangun dan menyediakan banyak stadion sebagai tempat pertandingan, bahkan pada Piala Dunia 1982, Spanyol yang jadi tuan rumah menggunakan 17 stadion untuk tempat pertandingan Piala Dunia.

Tahukah kamu, berapa stadion yang digunakan dalam Piala Dunia pertama tahun 1930 di Uruguay? Ternyata, hanya 3 stadion saja dan tiga stadion yang digunakan semuanya ada di satu kota, yakni Kota Montevideo.

Negara Pertama Asia yang Ikut Piala Dunia

Sumber foto: Matakota.id

Tahukah kamu negara mana di Asia yang pertama kali ikut Piala Dunia? Jepang? Jawabannya salah. Atau Korea? Salah juga.  Jawaban yang benar, negara Asia pertama yang Ikut pertama kali Piala Dunia adalah Hindia Belanda.

Tahukah Hindia Belanda? Itu adalah nama lain dari Indonesia. Nama sebelum negeri kita tercinta ini bernama Indonesia. Ketika itu Indonesia masih bernama Hindia Belanda karena sedang dijajah Belanda. Hindia Belanda ikut Piala Dunia pada tahun 1938.

Sementara, negara di benua Afrika yang pertama kali Ikut Piala Dunia adalah negara Mesir. Mesir pertama kali ikut Piala Dunia pada tahun 1934.