Halo, Takaiters!

Indonesia adalah negara kaya dengan beragam flora dan fauna yang tersebar di seluruh wilayahnya. Salah satu fauna yang cukup membanggakan adalah domba batur yang dibudidayakan di Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara. Selain menjadi penghasil daging, wol, dan pupuk organik, domba jenis ini menjadi salah satu ikon wisata kabupaten Banjarnegara, lo.

Lucu dan Menggemaskan

Foto: radarbanyumas.co.id

Domba batur menjadi salah satu sumber daya genetik ternak lokal Indonesia yang berkembang di Kabupaten Banjarnegara sejak tahun 1974.  Peternakan banyak dilakukan di daerah Dataran Tinggi Dieng, meskipun budi daya juga dilakukan di wilayah lainnya di kabupaten Banjarnegara. Domba kebanggaan Banjarnegara ini merupakan persilangan domba keturunan Merino Tapos jantan dan domba lokal Dieng betina.

Domba batur memiliki ciri  khas yaitu jantan dan betina yang tidak memiliki tanduk, warna bulu dominan putih dan menutupi seluruh tubuhnya hingga bagian muka serta memiliki postur kaki yang kuat. Penampilannya yang lucu dan menggemaskan  dengan bulu tebal dan mata sipit ternyata juga menjadi komoditi wisata yang menarik.  Anak-anak sering mengidentifikasikan domba batur dengan sosok Shaun The Sheep yang menjadi tontonan mereka, Guys.

Ternak Favorit

Foto: travel.detik.com

Domba batur sebagaimana domba lainnya, menjadi komoditi yang cukup dibanggakan para peternak, karena daging, wol dan kotorannya dapat dimanfaatkan. Saat ini berat domba batur dewasa dengan umur dua tahun mencapai berat 100–150 kg, sehingga sering dijadikan domba kurban meski harganya cukup fantastis antara 20 sampai 25 juta per ekornya.

Bulu domba dijual kepada penduduk setempat untuk membuat bantal atau dijual kepada pedagang khusus sebagai bahan pembuat benang. Kotoran domba batur dimanfaatkan sebagai pupuk organik dan biogas oleh masyarakat sekitar Dataran Tinggi Dieng. Tidak heran jika sayur-mayur di Dataran Tinggi Dieng tumbuh subur, Guys. Jika suatu saat kamu berkunjung ke Dataran Tinggi Dieng, sepanjang jalan akan tercium bau khas pupuk organik ini.

Spesies yang Semakin Langka

Foto: majalahinfovet.com

Menteri Pertanian RI telah menetapkan domba Batur sebagai Sumber Daya Genetik (SDG) Hewan yang artinya ada pengakuan secara nasional atas keberadaan domba batur sebagai plasma nutfah yang harus dilindungi, dilestarikan dan dikembangkan. Pada tahun 2018, jumlah domba batur di Banjarnegara tinggal 8.835 ekor dan terus mengalami penurunan populasi hingga 15% per tahun, Guys!

Saat ini, pemerintah kabupaten Banjarnegara memberikan perhatian yang sangat luar biasa terhadap keberadaan domba batur dengan membentuk Unit Pelaksana Teknis (UPT) pembibitan domba batur sebagai upaya pengamanan plasma nutfah dan pengembangan inseminasi buatan domba batur.

Bantuan pendampingan dan pembinaan juga dilakukan misalnya melalui festival domba batur, sehingga domba batur semakin dikenal khalayak luas dan meningkatkan nilai jualnya. Pemerintah Kabupaten Banjarnegara juga menyusun standarisasi bibit domba batur dan melakukan upaya agar domba bibit unggul tidak dibawa keluar daerah baik untuk dibudidayakan maupun sebagai pelengkap obyek wisata alam.

Investasi yang Menjanjikan

Foto: budparbanjarnegara.com

Budi daya domba batur dianggap sebagai salah satu investasi yang menjanjikan, Guys. Domba Batur memiliki kemampuan adaptasi yang baik terhadap lingkungan sehingga cocok dipelihara di daerah bercuaca dingin, mudah digemukkan dan mudah dikembangbiakkan. Tekstur dagingnya lebih empuk dan kadar lemaknya lebih rendah sehingga menjadi daging konsumsi yang cukup disukai oleh masyarakat baik di Kabupaten Banjarnegara maupun di luar daerah.

Pertumbuhan domba batur sangat cepat sehingga cukup menguntungkan peternak meskipun kapasitas pakan domba batur dua kali lipat dibandingkan jenis domba lainnya. Selain daging, kotoran yang dihasilkan juga bisa dimanfaatkan sebagai pupuk dan diolah menjadi biogas. Usaha peternakan adalah salah satu jenis investasi yang cukup menjanjikan, Guys, jadi patut dicoba. Apalagi pemerintah membantu pendampingan budi daya domba batur ini sejak pembenihan, penggemukan hingga pengolahan hasil peternakannya.

Nah, Takaiters, tertarik untuk melihat  atau berinvestasi melalui budi daya domba batur? Yuk, berkunjung ke Dataran Tinggi Dieng yang ada di Kabupaten Banjarnegara. Dijamin kamu bakal gemas melihat domba yang gemuk tapi imut ini.