Hai, Takaiters!

Banyak orang yang terpaksa bertahan mengerjakan pekerjaan yang tidak mereka sukai karena mereka membutuhkan gajinya. Ada juga ibu-ibu yang memilih untuk tetap tinggal di rumah supaya bisa mengurus rumah dan anak-anak, tetapi tetap ingin mendapat penghasilan. Pasti menyenangkan, ya, kalau bisa mendapat penghasilan sambil melakukan hal yang disukai. Tahu enggak sih, kamu bisa, lo, memanfaatkan hobi kamu menjadi sumber penghasilan?

Ini beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menjadikan hobi sebagai sumber penghasilan.

Kenali Potensi Diri

Foto: Pexels.com

Pertama-tama, tentu kamu harus tahu apa hobi dan potensi kamu. Misalnya, orang yang suka memasak, bisa membuat masakan atau kue yang enak dan unik, lalu menjualnya. Bagi yang suka memotret atau membuat foto, bisa menjadi kontributor untuk situs-situs yang menjual foto. Orang yang suka membuat kerajinan tangan, bisa membuat sample atau contoh produk lalu menawarkannya pada orang lain.

Bagi mereka yang suka menggambar bisa memanfaatkan berbagai macam aplikasi yang ada untuk membuat desain dan kemudian menjualnya. Intinya kamu bisa menawarkan produk dan jasa apa saja sesuai dengan hobi kamu.

Kenali Kebutuhan Publik

Foto: Pexels.com

Sebelum memulai, perlu dilakukan semacam survey untuk melihat kebutuhan publik yang ada. Apakah kamu punya sesuatu yang mereka inginkan? Ke mana kamu akan memasarkan hasil produksi kamu? Paling tidak kamu sudah bisa membayangkan pangsa pasar dari usaha kamu.

Setelah itu ambil langkah pertama. Ada pepatah yang mengatakan,”1000 langkah harus diawali dengan 1 langkah pertama”. Setelah kamu memutuskan usaha apa yang akan dijalankan, mulailah bergerak. Buat suatu karya, lalu tawarkan pada publik.

Publikasi

Foto: pexels.com

Jangan lupa mempublikasikan karya kamu. Di zaman internet sekarang ini memamerkan karya kamu tidak terlalu sulit. Kamu bisa mempublikasikan karya kamu melalui media sosial seperti IG, FB, Youtube, dan lain-lain.

Buat konten produk yang menarik dan pasang di semua media social yang kamu miliki. Bisa juga mulai dengan kelurga dan teman-teman terdekat dulu. Bila mereka suka produk atau jasa yang ditawarkan, mintalah bantuan mereka untuk membantu mempublikasikan karya atau produk kamu.

Kelas Pelatihan

Foto: Pexels.com

Selain berjualan produk, kamu juga bisa, lo, membagi ilmu dan keahlian kamu. Kamu bisa membuat kelas-kelas pelatihan seperti kelas memasak, kelas fotografi , kelas menggambar, kelas menulis, dan lain sebagainya. Kalau pesertanya tidak tinggal dalam satu kota, kamu bisa membuat kelas online. Kelas online lebih praktis dan bisa dilakukan di mana saja.

Tidak ada kesuksesan instan. Semua pekerjaan pasti ada hambatannya. Kalau kamu sudah memutuskan untuk melangkah, kamu harus sabar dan pantang menyerah. Hasil tidak akan mengkhianati usaha. Bila di awal kelihatannya usaha kamu tidak berkembang seperti yang kamu harapkan, jangan mudah menyerah. Tetap konsisten dan terus berusaha. Paling tidak kita sedang melakukan sesuatu yang memang kita sukai.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjadikan hobi sebagai penghasilan. Selamat mencoba.