Halo, Takaiters!

Momen Lebaran menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh mayoritas umat muslim. Selain sebagai ajang peningkatan kualitas ibadah dan ajang silaturahmi, penghasilan juga akan bertambah dengan diterimanya Tunjangan Hari Raya atau THR. THR yang diterima tergantung dari kebijakan setiap perusahaan.

Namun, THR ini tak jarang malah membuat sebagian orang tanpa sadar menghabiskannya dalam waktu singkat. Ada baiknya, kamu bisa mengelola dengan bijak penggunaan uang THR ini agar tidak hanya lewat di rekening saja. Ini dia cara yang bisa kamu lakukan agar bijak mengelola uang THR yang diterima.

Sisihkan untuk Zakat dan Sedekah

Foto: zakat.or.id

Saat kamu menerima uang THR, segera sisihkan untuk membayar zakat fitrah yang hukumnya wajib. Kamu bisa memilih akan membayar dengan uang atau beras, tergantung dari keputusan kamu. Selain itu, jangan lupa juga untuk segera menyisihkan uangmu untuk bersedekah bagi orang yang membutuhkan.

Gunakan untuk Melunasi Utang

Foto: laundry.or.id

Selain untuk membayar kebutuhan, THR ini juga bisa digunakan untuk bantu melunasi utang yang kamu punya. Mengapa demikian? Uang lebih yang kamu terima dari uang THR ini sebaiknya digunakan untuk membayar utang agar sedikit meringankan bebanmu ke depannya. Utang yang kamu bayarkan dengan uang THR ini bisa mengurangi beban utang yang kamu punya.

Jangan Lupa Alokasi untuk Investasi

Foto: alinea.id

Cara bijak mengelola uang THR selanjutnya yakni mengalokasikannya untuk investasi. Sisihkan minimal 10% dari uang THR untuk investasi ini. Nantinya kamu bisa menggunakannya sebagai dana pension ataupun dana darurat. Selain itu, investasi ini juga berarti kamu telah menyisihkan uang THR yang kamu dapatkan untuk menabung.

Belanja Secukupnya untuk Keperluan Lebaran

Foto: romadailynews.it

Sebaiknya buatlah daftar keperluan lebaran sebelum kamu pergi belanja. Seimbangkan dengan keuangan yang kamu punya. Jadikan daftar tersebut sebagai patokan saat kamu belanja agar tidak terjadi yang namanya overbudget. Belanja seperlunya saja, jangan sampai kalap dan malah membuat ludes uang yang kamu punya.

Mengelola uang THR dengan bijak bisa membantumu untuk mengoptimalkan penggunaan uang. Jadi, tidak hanya membeli keperluan Lebaran, kamu juga bisa memperkaya diri dengan investasi. Selamat mencoba!