Hai, Takaiters!

Negara Indonesia yang membentang dari Sabang sampai Merauke, tepat tanggal 17 Agustus 2019 akan merayakan hari jadinya yang ke 74.

Lahirnya kemerdekaan Republik Indonesia tak lepas dari peran penting tokoh-tokoh pejuang yang dengan gigih memperjuangkan negara Indonesia agar terlepas dari penjajahan.

Banyak tempat bersejarah yang menjadi saksi bisu sebagai lokasi penting menuju Indonesia merdeka. Tempat-tempat ini kini menjadi tujuan wisata yang selalu ramai pengunjung. Nah, Guys. Yuk, kita simak ulasannya!

1. Museum Perumusan Naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Foto: kebudayaan.kemdikbud.go.id

Gedung yang berlokasi di Jalan Imam Bonjol Nomer 1 Menteng, Jakarta Pusat, ini merupakan salah satu tempat bersejarah menuju kemerdekaan Republik Indonesia. Karena di tempat ini Bapak Soekarno, Bapak Mohammad Hatta, Bapak Sayuti Melik, dan Mr. Ahmad Soebarjo dapat berkumpul dan menyusun kata-kata proklamasi kemerdekaan. Museum ini dulu adalah rumah tinggal Laksamana Maeda yang berkebangsaan Jepang.

2. Tugu Proklamasi

Foto: wartakota.tribunnews.com

Dulunya tempat ini adalah rumah Bapak Soekarno tetapi dihancurkan atas permintaannya pada tahun 1960. Jalan yang dulu dikenal dengan Jalan Pegangsaan Timur Nomor 56 Jakarta Pusat kini berubah nama menjadi Jalan Proklamasi Nomor 56 Menteng, Jakarta Pusat.

Di tempat ini dibangun Tugu Proklamasi dan terdapat monumen dua patung Soekarno-Hatta yang berdiri berdampingan. Mirip dengan foto dokumentasi ketika proklamasi pertama kali dibacakan.

3. Rumah Rengasdengklok

Foto: merdeka.com

Rumah ini adalah saksi sejarah lahirnya kemerdekaan Republik Indonesia. Karena di tempat ini merupakan tempat persinggahan Soekarno-Hatta saat ‘diculik’ para pemuda yang mendesak agar kemerdekaan segera diproklamirkan pada tanggal 16 Agustus 1945.

Rumah yang dimiliki oleh Babah Djiaw Kei Siong yang keturunan Tionghoa ini, terletak di Dusun Bojong Tugu, Kelurahan Rengasdengklok, Kabupaten Karawang. Kondisi rumah ini masih tetap terawat sampai sekarang.

4. Tugu Monumen Nasional (Monas)

Foto: jawapos.com

Tugu Monas ini berada ditengah Lapangan Medan Merdeka, Jakarta Pusat. Tugu ini didirikan untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia merebut kemerdekaan dari pemerintahan Hindia Belanda. Monumen setinggi 132 meter (433 kaki) mulai dibangun pada tanggal 17 Agustus 1961 dibawah perintah Presiden Soekarno dan dibuka untuk umum pada tanggal 12 Juli 1975 sampai sekarang.

Itulah, Guys. Bangunan-bangunan bersejarah yang sampai sekarang masih berdiri kokoh, harus tetap dijaga kelestariannya. Agar generasi mendatang dapat mengenang dan menghargai jasa para pahlawan yang telah rela berjuang untuk bangsa dan negara kita tercinta Republik Indonesia.