Halo, Takaiters!

Pernahkah kamu mendengar nama Sumedang? Secara administratif letak geografis Kabupaten Sumedang terletak di bagian timur provinsi Jawa Barat dengan batas-batas wilayahnya: sebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Garut, sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Majalengka, sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Indramayu dan Kabupaten Subang, sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Bandung.

Nah, jika liburan akhir tahun ini kamu berkunjung atau melewati Sumedang kamu harus menyempatkan mampir ke tempat-tempat wisata alam yang menarik ini, Guys. Rugi, lo, kalau kamu datang ke Sumedang, tetapi tidak mengunjungi 3 tempat wisata ini

Pesona Waduk Jatigede

Foto: fotokita.grid.id

Pembangunan Waduk Jatigede sudah direncanakan sejak zaman Hindia Belanda. Bendungan Jatigede adalah salah satu bendungan terbesar di Indonesia bahkan di Asia Tenggara.

Di beberapa tempat sekitar bendungan Waduk Jatigede bermunculan tempat wisata yang indah dan biaya yang murah meriah. Sangat terjangkau hanya berkisar antara lima sampai sepuluh ribu rupiah. Namun, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang sangat mengasyikan.

Ada Tanjung Duriat yang menawarkan keindahan alam eksotis.  Ciri khas wisata ini menggunakan papan penanda berbentuk cinta (love). Tempat ini bisa untuk berswafoto dengan latar belakang air bendungan waduk jatigede.

Guys, ada juga Kampung Buricak Burinong. Dari namanya saja sudah terbayang indahnya pemandangan tersebut. Buricak Burinong berada di kampung Cisema, dibangun dengan tujuan untuk wisata selfie kelas dunia. Tiap bangunan di sini memiliki warna yang mencolok sehingga menambah semarak.

2. Wisata Batu Dua

Foto: youtube.com

Wisata Batu Dua terdapat di desa Linggajaya, kecamatan Cisitu, kabupaten Sumedang. Objek wisata Batu Dua adalah objek wisata yang sedang hits di Sumedang. Di sini merupakan objek wisata dirgantara, olahraga paralayang dilombakan dmulai dari even kabupaten sampai internasional. Bahkan, pada bulan Oktober lalu  dijadikan tempat Festival Paralayang tingkat dunia. Wow, keren ‘kan?

Pekan Olahraga nasional juga pernah dilaksanakan di Batu Dua. Bukit dengan ketinggian 930 mdpl ini selain untuk olahraga paralayang juga bisa dijadikan tempat untuk berswafoto dengan latar belakang pemandangan yang sangat indah.

Hanya dengan merogoh kocek 5 ribu rupiah kamu bisa menikmati pemandangan alam di Bukit Batu Dua. Akses jalan untuk kendaraan pun sangat mudah. Rugi, lo, kalau kamu tidak mencoba untuk mendatangi wisata Batu Dua ini.

3. Taman Hutan Raya Gunung Kunci

Foto: gpswisataindonesia.info

Guys, Sumedang mempunyai Taman Hutan yang terletak di tengah-tengah Kota Sumedang. Taman Hutan Raya atau yang disebut Tahura sangat bersejarah bagi masyarakat Sumedang. Terdapat sebuah bunker yang dibangun oleh Belanda tempat para tahanan disiksa dan disekap pada zaman dahulu.

Untuk ke tempat ini, akses transportasi sangat mudah karena berada di tengah-tengah kota. Dengan harga tiket hanya 5 ribu rupiah, kamu bisa menikmati keindahan Taman Hutan Raya Gunung Kunci, sekaligus menambah wawasan sejarah.

Masih banyak tempat wisata yang dapat kamu kunjungi di Sumedang yang masih alami dan murah meriah sebetulnya, Guys. Cocok untuk acara keluarga, pertemuan dengan para kolega,  dan untuk terapi melepaskan lelah setelah melakukan berbagai rutinitas yang melelahkan. Selamat menikmati pemandangan alam nan indah di Kota Sumedang.