Hai, Takaiters!

Kadang kala untuk sebuah keperluan khusus yang sangat penting atau darurat, sebuah negara atau otoritas merasa perlu merahasiakan sebuah tempat. Tempat yang dianggap sensitif bagi mereka. Tempat yang menyimpan data, informasi atau apa pun yang dinilai  sangat maha penting yang tak boleh bocor. Jika bocor, bisa membuat geger satu negara atau bahkan dunia.

Biasanya tempat yang dirahasiakan itu adalah tempat yang berhubungan dengan militer. Instalasi atau fasilitas militer. Entah itu instalasi pengujian senjata atau teknologi militer lainnya. Pokoknya tempat yang sangat dirahasiakan dari orang banyak. Tempat  dimana tidak sembarang orang boleh masuk ke sana.  Tempat yang mesti dijaga ketat saking rahasianya. Saking pentingnya.

Nah, berikut Ini 3 tempat paling rahasia di dunia, dimana orang banyak tak boleh mengetahui tempat ini, atau kalau dibolehkan hanya segelintir orang saja.

Metro – 2 Moskow, Rusia

Sumber foto: Boombastis.com

Dikutip dari buku Fakta-fakta Dunia yang Paling Dirahasiakan yang ditulis Rina Suprabandari Dkk (2012), salah satu tempat yang paling rahasia atau dirahasiakan adalah Metro -2. Metro-2 ini adalah tempat yang ada di Moskow, dibangun pada zaman Stalin. Metro-2 ini adalah kota bawah tanah. Dibangun di bawah tanah. Disebut kota bawah tanah terbesar di dunia. Hingga kini, keberadaan kota ini masih misterius.

Area 51

Sumber foto: Liputan6.com

Masih dikutip dari buku Fakta-fakta Dunia yang Paling Dirahasiakan yang ditulis Rina Suprabandari, Dkk (2012), tempat paling rahasia lainnya di dunia adalah Area 51. Tempat ini mempunyai banyak nama antara lain US Air Force Flight Test Center, Detachment 3, Dreamland, Watertown Strip, Paradise Ranch, The Farm, The Box, Groom Lake atau The Directorate for Development Plans Area. Tempat ini merupakan kawasan yang benar-benar diisolasi.

Dirahasiakan karena katanya dijadikan sebagai pusat percobaan rahasia pesawat-pesawat tempur generasi terbaru Amerika, bahkan ada yang menyebut sebagai pusat penelitian tentang UFO. Ada pula yang menyebut Area 51 ini adalah tempat penyimpan sampel-sampel makhluk luar angkasa yang pernah jatuh ke bumi. Benar atau tidak, kita tak tahu, namanya juga tempat yang dirahasiakan.

Mount Weather Emergency Operations Center

Sumber foto: nbcwashington.com

Menurut buku Fakta-fakta Dunia yang Paling Dirahasiakan yang ditulis Rina Suprabandari, Dkk (2012),  tempat bernama Mount Weather Emergency Operations Center juga jadi salah satu tempat yang dirahasiakan. Ini tempat, yang tak sembarang orang bisa masuk.

Tempat ini ad di Virginia, Amerika Serikat.  Mount Weather Emergency Operations Center, merupakan pusat operasi dari lembaga bernama Federal Emergency Management Agency (FEMA). Nah, kenapa tempat ini begitu dijaga ketat? Karena tempat ini punya sistem frekuensi yang sangat tinggi yang menghubungkan sebagian besar badan-badan keamanan publik di Amerika, termasuk juga jaringan militer negeri adidaya tersebut. Makanya, tak sembarang orang bisa lenggang kangkung masuk ke wilayah tersebut.

Kalau di Indonesia, di mana ya tempat yang dirahasiakan dari publik? Adakah para Takaiters tahu? Jika tahu, bisa tulis di kolom komentar, ya.